FATHARANI, HANI (2021) ANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM PIDATO NADIEM MAKARIM PADA KEGIATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2020 Alternatif Penyusunan Bahan Ajar Kelas IX Tahun 2020-2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari diksi dan gaya bahasa yang terkandung dalam pidato Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada kegiatan Hari Guru Nasional tahun 2020 dengan menganalisis dan memanfaatkan hasil analisis tersebut menjadi salah satu alternatif penyusunan bahan ajar peserta didik kelas IX SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang mendeskriptifkan hasil analisisnya secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu video pidato Mendikbud pada kegiatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dan beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil analisis pidato ini mengandung 2 jenis diksi, 3 jenis gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, 3 jenis gaya bahasa berdasarkan nada, 5 jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, dan 10 jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna. Secara umum teks pidato Nadiem Makarim pada kegiatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 menggunakan diksi denotatif, gaya bahasa resmi, gaya bahasa menengah, gaya bahasa klimaks dan paralelisme, serta gaya bahasa biasa yang bersifat polos. Hasil analisis ini selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti. Selain itu, disesuaikan dengan kriteria bahan ajar yang dinilai berdasarkan aspek bahasa, keterbacaan, serta psikologi peserta didik. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar dalam bentuk modul yang digunakan oleh peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai Teks Pidato Persuasif. Kata kunci: Analisis, diksi dan gaya bahasa, pidato, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 06:27 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53559 |
Actions (login required)
View Item |