RAKHMADI, 113030014 and Agus Sentana, DS and Dedi Lazuardi, DS (2016) RANCANG BANGUN MESIN PELEPAS DAN PEMASANG BALL JOINT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
BAB_1.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Proses perbaikan ( rekondisi ) ball joint merupakan salah satu proses perbaikan yang dilakukan pada ball joint yang bertujuan untuk memperbaiki komponen ball joint yang sudah mengalami kegagalan selama pemakaian. Sedangkan sistem suspensi terletak diantara body kendaraan dan roda-roda, dan dirancang untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan sehingga menambah kenikmatan dan stabilitas berkendara serta memperbaiki kemampuan cengkram roda terhadap jalan. Komponen ball joint ini merupakan komponen dari sistem suspensi kendaraan. Ball joint itu sendiri adalah salah satu komponen dari sistem suspensi kendaraan roda empat yang berfungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kiri dan ke kanan. Dalam proses rekondisi ball joint yang telah ada membutuhkan waktu yang cukup lama dan pembubutan pada housing ball joint. Berdasarkan hal di atas, dilakukan perancangan mesin pelepas dan pemasang ball joint untuk perbaikan ball joint dengan tanpa harus merusak housing ball joint sehingga proses pembubutan tidak perlu dilakukan. Perancangan mesin tersebut juga bertujuan untuk mengurangi atau menurunkan biaya perawatan kendaraan, terutama pada kendaraan dengan operasional tinggi (kendaraan angkutan umum). Dari hasil perancangan diperoleh spesifikasi mesin pelepas dan pemasang ball joint yang berdimensi panjang 300mm, lebar 180mm dan tinggi 520mm dengan berat mesin ini ± 35 kg serta kapasitas penekanan yang digunakan 17 ton dan tegangan maksimum pada lower cup hasil analisis sebesar 22.774 N/mm^2 (MPa).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2015 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 17 Mar 2016 10:33 |
Last Modified: | 17 Mar 2016 10:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
View Item |