KEPASTIAN HUKUM TERHADAP PENGEMBALIAN DANA KONSUMEN KORBAN PENIPUAN OLEH PERUSAHAAN PT. AKUMOBIL DALAM PERSEFEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

Rendy Deswa Saputra, 161000070 (2021) KEPASTIAN HUKUM TERHADAP PENGEMBALIAN DANA KONSUMEN KORBAN PENIPUAN OLEH PERUSAHAAN PT. AKUMOBIL DALAM PERSEFEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kepastian hukum yang harus didapatkan oleh para konsumen korban perusahaan PT. Akumobil yang dirasa sangat dirugikan. Kepastian hukum merupakan jaminan mengenai hukum yang berisi keadilan. Norma-norma yang memajukan keadilan harus seungguh-sungguh berfungsi sebagai peraturan yang ditaati. Keadilan dan kepastian hukum merupakan bagian-bagian yang tettap dari hukum serta bahwa keadulan dan kepastian hukum harus diperhatiakan, kepastian hukum harus dijaga demi keamanan dan ketertiban suatu negara. Akhirnya hukum positif harus selalu ditaati. Berdasarkan teori kepastian hukum dan nilai yang ingin dicapai yaitu nilai keadilan dan kebahagiaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu spesifikasi penelitian deskriptif analitis dan yuridis sosiologis yakni dengan cara menganalisis hubungan hukum positif dengan teori hukum serta pelaksanaan hukum positif tersebut melalui pendekatan yuridis normatif dan dianalisis secara yuridis kualitatif yaitu menggunakan peraturan perundang-undangan yang dihubungkan dengan data primer dan sekunder yang berasal dari literatur hukum untuk membahas permasalahan hukum yang diajukan peneliti. Perusahaan PT. Akumobil yang berlaku sebagai pelaku usaha telah melanggar Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengenai hak dari konsumen yaitu mengenai hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi atau penggantian apabila barang atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Maka dari itu sesuai dengan aturan perundang-undang yang berlaku mengenai kepastian hukum atas pengembalian dana yang harus didapatkan oleh para konsumen korban penipuan yang dilakukan oleh perusahaan PT. Akumobil tersebut khususnya dalam persepektif hukum perlindungan konsumen, maka para konsumen korban penipuan oleh perusahaan PT. Akumobil tersebut harus mendapatkan kembali uang yang telah disetorkan kepada pihak perusahan PT. Akumobil tersebut sesuai dengan hakhak nya yaitu seperti yang tertuang dalam Pasal 4 angka (8) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentantang Perlindungan Konsumen. Kata Kunci: Kepastian Hukum, Perlindungan Konsumen, PT. Akumobil

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2021
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:46
Last Modified: 25 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53338

Actions (login required)

View Item View Item