ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X EDISI REVISI 2016 DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR KLOSE (Studi Konvergen di SMA, SMK, dan MAN Kota Bandung)

MUSLIM SETIADI, NPM. 148090032 (2021) ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X EDISI REVISI 2016 DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR KLOSE (Studi Konvergen di SMA, SMK, dan MAN Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
COVER TESIS.doc

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .doc

Download (94kB)
[img] Text
Halaman i sampai ix.doc

Download (98kB)
[img] Text
BAB 1 OK.doc

Download (133kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (220kB)
[img] Text
BAB 3 .doc
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB 4 .doc
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB 5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiadi, Muslim. 2017. Analisis Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 dengan Menggunakan Prosedur Klose. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Magister Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (1) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd. (2) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd. Kata Kunci: Keterbacaan, Buku Teks, Prosedur Klose Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diukurnya tingkat ketrbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 yang melibatkan siswa dalam pengukurannya. Upaya yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks dan tingkat baca siswa adalah melakukan pengukuran menggunakan prosedur klose. Prosedur klose adalah salah satu alat mengukur keterbacaan dengan menugaskan siswa mengisi kata-kata yang dihilangkan dalam sebuah wacana dengan tujuan menyusun kembali wacana tersebut menjadi utuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian terdiri dari wacana-wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 dan siswa kelas X Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel wacana dipilih berdasarkan kriteria pembuatan prosedur klose yaitu mengambil wacana pada bagian awal, tengah, serta akhir, sehingga jumlah sampel wacana dalam penelitian ini adalah tiga wacana. Sampel siswa penelitian ini adalah 120 siswa kelas X kota Bandung, yang terdiri dari 20 siswa SMAN 22, 40 siswa SMKN 3 dan 40 siswa MAN 2 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, dengan instrumen tes prosedur klose dan teknik angket. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertimbangan ahli, triagulasi teori dan metode, serta diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 berada pada kategori sedang. Hal tersebut diketahui dari persentase skor rata-rata wacana bagian awal, tengah, dan akhir sebesar 54.0%. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi 2016 dapat dipahami dan digunakan oleh siswa kelas X Kota Bandung tahun pelajaran 2016/2017, namum pada bagian tertentu perlu mendapat bimbingan dari guru untuk memahami beberapa kosakata yang sulit dan kalimat yang panjang dalam wacana. 2) Tingkat baca siswa kelas X Kota Bandung tahun pelajaran 2016/2017 berada pada kategori instruksional. Hal ini diketahui dari persentase rata-rata tingkat baca siswa terhadap wacana bagian awal, tengah, dan akhir sebesar 54.0%. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan siswa dalam memahami isi wacana cukup baik. Siswa dapat memahami isi wacana, namum pada bagian tertentu perlu mendapat bimbingan dari guru untuk memahami beberapa kosakata dan kalimat yang sulit dalam wacana.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:29
Last Modified: 22 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53272

Actions (login required)

View Item View Item