PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN PRIBADI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN (SUATU STUDI PADA PELAKU UMKM SENTRA KERAJINAN SEPATU DI CIBADUYUT DAN CIOMAS PROVINSI JABAR).

YUHAPRIZON, NPM: 149010024 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN PRIBADI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN (SUATU STUDI PADA PELAKU UMKM SENTRA KERAJINAN SEPATU DI CIBADUYUT DAN CIOMAS PROVINSI JABAR). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
YUHAPRIZON_DIM.docx

Download (73kB)

Abstract

Yuhaprizon, NPM: 149010024, Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajianan Sepatu Di Cibaduyut Bandung dan Ciomas Bogor)”. Dengan Pembimbing Prof.Dr.H.Azhar Affandi,SE.,M.Sc selaku Promotor dan Aldrin Herwany,SE.,MM.,Ph. Selaku Co-Promotor. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena tuntutan usaha UMKM yang menghendaki agar dunia usaha UMKM menghasilkan kinerja keuangan yang mampu bersaing dan mengangkat entitas ekonomi di sekitar UMKM serta meningkatkan PDB daerah Provinsi Jabar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Pengetahuan Keuangan (X1), Sikap Keuangan (X2), dan Kepribadian (X3) terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Y) serta Implikasinya terhadap Kinerja Keuangan para pelaku usaha UMKM Sentra Sandal dan Sepatu di Cibaduyut Bandung dan di Ciomas Bogor. Hasil Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu Manajemen, khususnya ilmu Manajemen Keuangan dan analisis kinerja keuangan. Bagi Departemen sejenis maupun praktisi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna tentang pentingnya analisis faktor-faktor Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian, Perilaku Manajemen Keuangan dalam upaya mengoptimalkan kinerja keuangan. Penelitian dilakukan di sentra sandal dan sepatu yang terletak di Cibaduyut Bandung dan Ciomas Bogor, Jawa Barat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 orang responden. Metode penelitian menggunakan teknik Analisis Jalur (path Analisis) Hasil pengujian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan pribadi keuangan terhadap prilaku keuangan sebesar 74,92%. Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan dari prilaku keuangan terhadap kinerja keuangan dengan total pengaruh sebesar 88,80%. Kata kunci : Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian, Perilaku Manajemen Keuangan, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 19 Oct 2021 10:32
Last Modified: 04 Nov 2021 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53212

Actions (login required)

View Item View Item