Deri Nurdiansyah, 175020025 (2021) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 Di SMAN 1 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRACT.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN (1).pdf Download (797kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
||
Text
18. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
||
Text
19. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana manajemen kelas pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Lembang (ii) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Lembang (iii) Seberapa besar pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Lembang. Metode yang digunakan adalah survey dengan sampel berjumlah 106 siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lembang. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS statistic 24.0 for windows. Adapun hasilnya sebagai berikut: (i) manajemen kelas pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMAN 1 Lembang menunjukkan hasil yang baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan skor ratarata 4,11 (82,17%) ada pada kategori sangat baik, (ii) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMAN 1 Lembang sebesar 4,04 (80,87%) ada pada kategori sangat baik. (iii) hasil regresi linear sederhana menunjukkan terdapat besar pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMAN 1 Lembang. Dengan nilai R Square sebesar 0.494. Dapat ditafsirkan bahwa manajemen kelas memiliki kontribusi 49.4% terhadap motivasi belajar siswa. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi siswa, Sebaiknya siswa memiliki sikap positif dan terarah terhadap mata pelajaran khususnya dalam pelajaran ekonomi agar motivasi belajar siswa dapat meningkat melalui pengaruh lingkungan internal dan eksternal. (ii) bagi guru mata pelajaran ekonomi, Sebaiknya guru mata pelajaran ekonomi lebih berinovasi lagi untuk menciptakan iklim belajar yang baik, yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi-strategi pembelajaran yang diterapkan. (iii) bagi peneliti lain, Kepada peneliti yang akan melakukan penelitian pada bidang yang sama hendaknya lebih kreatif dalam melakukan kegiatankegiatan. Kata Kunci: Manajemen kelas, Motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53072 |
Actions (login required)
View Item |