RAMDHANI, RIZKY (2021) ANALISIS EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING EDMODO (STUDI KASUS PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS TAHUN AJARAN 2019-2020 DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG) Skripsi. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRACT.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Efektifitas Pembelajaran Dengan Menggunakan E-Learning Edmodo (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2019 – 2020 Di SMA Pasundan 8 Bandung)” dilatar belakangi oleh, betapa pentingnya efektivitas dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan nasional, dan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul pada era Indonesia emas 2045. Lokasi penelitian di SMA Pasundan 8 Kota Bandung, dengan hipotesis penelitian yang berbunyi, H0: µ ≤ 40% = media aplikasi E-Learning Edmodo tidak efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran ekonomi di SMA PASUNDAN 8 Bandung dan Ha: µ > 40% = media Aplikasi E-Learning Edmodo efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran ekonomi di SMA PASUNDAN 8 Bandung. Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Edomodo dalam proses belajar mengajar dalam pembelajaran ekonomi? Dan apakah efektif dalam proses belajar mengajar siswa dengan menggunakan media Edmodo?. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumentasi yaitu untuk melihat daftar nama siswa yang dijadikan sampel serta questioner (angket) dan teknik pengolahan data dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai mean atau nilai rata – rata dari seluruh data sebesar 62,95 yang menyatakan bahwa media Edmodo efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 8 Bandung, karena berada pada rentang 61 – 80 sesuai dengan pemaparan di bab 3 pada tabel 3.7 mengenai interprestasi tingkat efektifitas pembelajaran, serta sejalan dengan hasil uji hipotesis peneliti, karena menemukan nilai yang cukup signifikan yaitu sebesar 78,2%. Hal ini berarti Ha dapat diterima dengan alasan Ha: µ > 40%, karena Ha: µ > 40% = media Aplikasi E-Learning Edmodo efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 8 Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa untuk mampu mengikuti perubahan sistem pembelajaran pada zaman sekarang agar tidak tertinggal dalam pembelajaran serta dapat memaksimalkan teknologi secara maksimal agar mendapatkan hasil yang optimal, serta kepada pihak sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas sistem pembelajaran dalam jaringan, dengan memaksimalkan segala kemampuan tenaga pengajar dalam melalukan pembelajaran melalui daring dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih banyak dalam mencari sumber informasi, data dan referensi lebih luas serta mendalam, sehingga hasil penelitian yang didapat bisa lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2020 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 03:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52952 |
Actions (login required)
View Item |