ANALISIS PERAYAAN UPACARA ADAT BARITAN DALAM MENUMBUHKAN NILAI PERSATUAN DI MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Karang Layung Kec. Sukra Kab. Indramayu)

ALIE, SYARIFANISYA (2021) ANALISIS PERAYAAN UPACARA ADAT BARITAN DALAM MENUMBUHKAN NILAI PERSATUAN DI MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Karang Layung Kec. Sukra Kab. Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1_COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3_ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6_BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7_BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
FILE 8_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
FILE 9_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
FILE 10_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Perayaan Upacara Adat Baritan Dalam Menumbuhkan Nilai Persatuan Di Masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Hilangnya Tradisi Baritan yang ditimbulkan karena rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga tradisi leluhur akibat kurang bersatunya masyarakat sekitar. Tradisi Baritan bagi masyarakat Indramayu sebagai tali mempererat silaturahmi bahkan sebagai kegiatan untuk menolak penyakit yang melanda, sudah jelas tradisi ini juga untuk meminta mempererat silatuhrami dan tradisi ini tentunya hal yang baik juga untuk diwariskan. sehingga perlunya menumbuhkan nilai persatuan di masyarakat, karena Pancasila merupakan jati diri bangsa yang harus dipahami dan digunakan dalam kehidupan sosial sehari-hari guna membangun persatuan. Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan nilai-nilai Pancasila pada sila ketiga yaitu persatuan Indonesia, sangat jelas dalam sila ini menjadi pedoman untuk mengatasi pemahaman individu, kelompok, dan suku. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah orang yang dipercayai atau yang memandu acara tradisi baritan dan orang yang dimanfatkan untuk memberi informasi di desa karang layung. Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Mayarakat Desa Karang Layung yaitu 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan dan penerapan nilai persatuan melalui upacara adat baritan sudah mampu membantu masyarakat bersatu dengan dilihat dari awal mempersiapkan hingga penutupan upacara adat baritan. Adanya hubungan yang baik antara aparat desa dengan masyarakat mampu meningkatkan nilai persatuan dengan menjaga komunikasi dan berkoordinasi, berperilaku baik, saling menghargai, bergotong royong. sehingga dapat dikatakan Analisis perayaan upacara adat baritan dalam menumbuhkan nilai persatuan di masyarakat berhasil dalam mengatasi orang yang individualis dan mempererat silatuhrami antar masyarakat desa karang layung. Kata Kunci : Upacara Adat Baritan, Desa Karang Layung, Menumbuhkan Nilai Persatuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:24
Last Modified: 02 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52746

Actions (login required)

View Item View Item