PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN KARENA JABATAN TERHADAP KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI OLEH OKNUM KEPALA DESA (KADES) DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA

Dohar Arrygust Yuda Bancin, NPM. 198040003 (2021) PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN KARENA JABATAN TERHADAP KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI OLEH OKNUM KEPALA DESA (KADES) DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Dohar Arrygust Yuda Bancin_MIH copy.doc

Download (80kB)

Abstract

Masalah korupsi merupakan salah satu tindak pidana yang selalu menjadi sorotan di Indonesia bahkan sudah tergolong extra-ordinary crime atau kejahatan luar biasa. Salah satu tipe korupsi yang bersumbangsi besar dalam terjadinya peningkatan tindak pidana korupsi adalah tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan sebagaimana diatur dalam Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan diperbaharui dengan UU No. 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (PTPK). Pada saat ini korupsi sudah menjalar hingga ke tataran desa. Salah satu contoh dalam kasus kasus korupsi yang dilakukan oleh Kades Situwangi Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat yang bernama Nunung Nurjanah yang melakukan korupsi penyalahgunaan kewenangan. Adapun permasalahan hukum yang akan penulis kaji dalam tesis ini adalah bagaimana pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa, bagaimanakah penerapan sanksi pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa serta apa yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yaitu metode yang menggambarkan dan menganalisis permasalahan berdasarkan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer yaitu peraturan perundang-undangan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang dikaji, bahan sekunder yaitu buku-buku serta bahan hukum tersier yaitu berupa putusan pengadilan. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu suatu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum dan melakukan inventarisasi hukum positif yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi. Kata Kunci : Korupsi, Penyalahgunaan Kewenangan, Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Sep 2021 06:39
Last Modified: 24 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52619

Actions (login required)

View Item View Item