PERAN IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING POLITIK DALAM MEMODERASI KUALITAS PELAYANAN DAN PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KEPALA DAERAH (STUDI KASUS PILKADA KABUPATEN LOMBOK UTARA)

ASTARIADI KURNIAWAN, NPM : 198020137 (2021) PERAN IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING POLITIK DALAM MEMODERASI KUALITAS PELAYANAN DAN PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KEPALA DAERAH (STUDI KASUS PILKADA KABUPATEN LOMBOK UTARA). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL ASTARIADI KURNIAWAN.docx

Download (377kB)

Abstract

ABSTRAK Marketing Politik merupakan sebuah taktik yang berperan penting dalam pemenangan pemilihan umum. Keberhasilan marketing politik menyangkut cara sebuah institusi politik atau parpol ketika menformulasikan produk politik dan menawarkannya kepada para masyarakat agar masyarakat bisa memutuskan atau menentukan pilihannya kepada kandidat tersebut. Kabupaten Lombok Utara, menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang melakukan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada Tahun 2020, dengan dua pasang kandidat dimana pasangangan Najmul Akhyar bersaing dengan Djohan Samsu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis Moderating Regression Analysis (MRA). Untuk responden dipilih dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan metode perhitungan slovin. Jumlah sampel ditetapkan dengan mengambil data dari SIREKAP KPUD Kabupaten Lombok Utara. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 400. Hasil penelitian diperoleh secara simultan dengan metode regresi berganda menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan personal branding memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan. Namun untuk regresi dengan menggunakan MRA, dimana marketing politik sebagai variabel moderasi diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan dan personal branding tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan memilih terhadap pasangan Djohan Samsu. Sehingga hal ini yang menyebabkan pasangan Najmul Akhyar mengalami kekalah dari pasangan Djohan Samsu. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Personal Branding, Marketing Politik, Keputusan Memilih

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:54
Last Modified: 24 Aug 2021 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52421

Actions (login required)

View Item View Item