IMPLEMENTASI METODE COPY THE MASTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERBASIS LAGU DAN DAMPAKNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 RANCAEKEK

Prayoga Hadi Laksono, NPM : 178090022 (2021) IMPLEMENTASI METODE COPY THE MASTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERBASIS LAGU DAN DAMPAKNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 RANCAEKEK. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis Prayoga.docx

Download (154kB)

Abstract

Prayoga Hadi Laksono. 2021. Implementasi Metode Copy The Master dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Lagu dan Dampaknya Terhadap Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Rancaekek. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. DR. H. M. Didi Turmudzi, M.Si. (II) DR. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kemampuan menulis teks cerpen dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menguji proses pembelajaran copy the master dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berbasis lagu; (b) menguji kemampuan menulis cerpen berbasis lagu setelah menggunakan metode copy the master pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Rancaekek; (c) menguji adakah peningkatan kemampuan menulis cerpen berbasis lagu dengan menggunakan metode copy the master pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Rancaekek; (d) menguji bagaimanakah wujud berpikir kreatif dalam cerpen peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Rancaekek setelah penerapan metode copy the master; (e) menguji seberapa besar dampak implementasi metode copy the master terhadap berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Rancaekek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan jenis single group time series design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis teks cerpen yang berbasis lagu dan tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menulis tek cerpen di kelas XI SMKN 1 Rancaekek. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks cerpen yang berbasis lagu dan dampaknya terhadap berpikir kreatif yang menggunakan metode pembelajaran copy the master. Hal ini terbukti dari hasil pretest pertama menulis teks cerpen rata-rata 65,64, pretest kedua menulis teks cerpen rata-rata 63,04, pretest ketiga menulis teks cerpen rata-rata 56,24. sementara perolehan rata-rata nilai posttest pertama menulis teks cerpen rata-rata 77,84, posttest kedua menulis teks cerpen rata-rata 79,44, posttest ketiga menulis teks cerpen rata-rata 81,24. Jadi, kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode copy the master sangat efektif. Kata Kunci : Menulis Teks Cerpen, Berpikir Kreatif, Metode Copy The Master.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 03 Aug 2021 05:46
Last Modified: 03 Aug 2021 05:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52291

Actions (login required)

View Item View Item