PROSES TERJADINYA VIKTIMISASI TERHADAP TERSANGKA YANG MENDAPATKAN KEKERASAN OLEH APARAT KEPOLISIAN PADA TINGKAT PENYIDIKAN

Virginia Puspa Nirwana, 161000244 (2021) PROSES TERJADINYA VIKTIMISASI TERHADAP TERSANGKA YANG MENDAPATKAN KEKERASAN OLEH APARAT KEPOLISIAN PADA TINGKAT PENYIDIKAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Aksi demonstrasi tentang penolakan rancangan Undang-Undang yang baru namun ada kegaduhan serta penangkapan pendemo yang diduga melakukan pelemparan batu yang diketahui bernama Dede Lutfi, ia ditangkap karena diduga membawa batu saat berdemo, saat Dede Lutfi menjadi tersangka, Dede Lutfi mendapat tindakan diskriminasi, yaitu bahwa ada terjadinya kekerasan yang dikatakan Dede Lutfi saat ada dalam proses penyidikan. Berdasarkan hal tersebut, penulis menemukan tiga permasalahan yakni : 1) Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi proses viktimisasi oleh penyidik dalam proses penyidikan ditinjau dari Perspekstif viktomologi? 2)Bagaimana potensi pelanggaran hukum hak tersangka pada penyidikan perkara pidana oleh penyidik? 3) Bagaimana perlindungan hukum tersangka pada tingkat penyidikan perkara pidana? Metode penulisan skripsi ini menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis normatif yaitu, menggambarkan dan menguraikan secara sistematis permasalahan, berdasarkan undang-undang yang berlaku, dan dilanjutkan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan studi lapangan, data yang sudah diperoleh dianalisis secara yuridis kualitatif mengungkapkan realita yang ada berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh berupa penjelasan mengenai permasalahan yang dibahas. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah pertama Faktor terjadinya kekerasan terhadap tersangka dalam proses penyidikan ditinjau dari segi viktiomologi adalah karena korban kekerasan yang merupakan seorang tersangka pelaku tindak pidana termasuk ke dalam didasarkan pada jenis tipologi viktimologi, tersangka yang menjadi korban kekerasan oleh penyidik termasuk ke dalam jenis provocative victims, kedua yaitu potensi terjadinya pelanggaran hak tersangka dalam proses penyidikan bertentangan dengan ketentuan Pasal 10 Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip Dan Standar Hak Asasi Manusia Dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan ketiga adalah bentuk perlindungan hukum bagi tersangka yang mendapatkan sikap disriminasi adalah mendapatkan bantuan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 114, Pasal 54, Pasal 56 KUHAP. Kata Kunci : Viktimisasi, Kekerasan, dan Penyidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2021
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:15
Last Modified: 14 Jul 2021 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52223

Actions (login required)

View Item View Item