PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI LULUSAN

Erlis Maryandha, NPM : 168020047 (2021) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI LULUSAN. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Erlis Maryandha.docx

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK. Masalah pokok penelitian ini Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di MA Darul Inayah Cisarua Kabupaten Bandung Barat, perlu di perbaiki. Motivasi kerja guru untuk meningkatkan prestasi lulusan masih kurang, disiplin kerja guru dalam meningkatkan prestasi lulusan masih kurang baik, kinerja guru dalam upaya meningkatkan prestasi lulusan belum profesional, dan prestasi lulusan di MA Darul Inayah Cisarua KBB kurang baik. Penulis mencoba meneliti gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan disiplin kerja yang diduga memiliki pengaruh terhadap prestasi lulusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru serta dampaknya terhadap Prestasi Lulusan. Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik analisis deskriptif dan verifikatif. Penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 27 orang responden, yang diuji validitas dan realibilitas. Setelah dilakukan penghitungan atas jawaban dari kuesioner dengan menggunakan program SPSS 20.00. Dari perhitungan mendapatkan kesimpulan berikut: secara parsial bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,571 maka semakin baik gaya kepemimpinan yang di lakukan kepala sekolah maka akan semakin baik kinerja guru. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai jalur sebesar 0,514 maka semakin tinggi motivasi guru, maka akan semakin baik kinerja guru. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai jalur sebesar 0,660 maka semakin tinggi kedisiplinan maka akan semakin baik kinerja guru. Secara simultan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai jalur sebesar 0,537 maka semakin baik gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja maka akan semakin baik kinerja guru, sedangkan sebesar 0,463 merupakan variabel epsilon artinya variabel yang tidak diteliti tetapi berpengaruh terhadap kinerja guru. Hubungan kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi lulusan dengan nilai jalur sebesar 0,679, maka semakin baik kinerja guru, maka akan semakin baik pula prestasi lulusan. Hasil analisis data untuk variabel Kinerja Guru yang berfungsi sebagai variabel intervening dari variabel Gaya Kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja, total pengaruh Kinerja Guru terhadap Prestasi Lulusan sebesar 0,460 dimana sisanya sebesar 0,540 merupakan variabel epsilon artinya variabel yang tidak diteliti tetapi berpengaruh terhadap Prestasi Lulusan. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Guru, Prestasi Lulusan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:25
Last Modified: 17 Jun 2021 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52171

Actions (login required)

View Item View Item