IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PUI CIKIJING

Titin Hartatin, NPM : 178090032 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PUI CIKIJING. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Titin Hartatin.docx

Download (81kB)

Abstract

Titin Hartatin. 2021. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berorientasi pada Struktur dan Kaidah Kebahasaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas X SMK PUI Cikijing. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd. (II) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kemampuan menulis teks anekdot dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menguji kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan model problem based learning sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode penugasan sebagai kelas kontrol; (b) menguji kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan model problem based learning sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode penugasan sebagai kelas kontrol; (c) menguji perbedaan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks anekdot dengan menggunakan model problem based learning sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan kemampuan peserta didik yang menggunakan metode penugasan sebagai kelas kontrol; dan (d) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menulis teks anekdot yang menggunakan model pembelajaran problem based learning sebagai kelas eksperimen dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran penugasan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian sequential explanator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis teks anekdot yang berorientasi pada struktur dan kaidah kebahasaan dan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menulis tek anekdot di kelas X SMK PUI Cikijing. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks anekdot yang berorientasi pada struktur dan kaidah kebahasaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal ini terbukti dari hasil prettest menulis teks anekdot rata-rata peserta didik di kelas eksperimen mendapatkan 57,48, sementara perolehan rata-rata nilai posttest 85,59, sedangkan di kelas kontrol dari hasil prettest menulis teks anekdot rata-rata 53,81, sementara perolehan rata-rata posttest 69,29. Begitu pula dengan nilai rata-rata prettest kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 55,37, sementara nilai rata-rata posttest 85,74, sedangkan di kelas kontrol dari hasil prettest kemampuan berpikir kritis nilai rata-rata yaitu 53,51, sementara perolehan rata-rata nilai posttest 70,92. Jadi, kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model PBL sangat efektif dibandingkan dengan menggunakan metode penugasan. Kata Kunci : Menulis Teks anekdot, Berpikir kritis, Model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:04
Last Modified: 15 Jun 2021 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52160

Actions (login required)

View Item View Item