Model Implementasi Kebijakan Penurunan Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada UMKM Kota Cimahi (Studi Kasus di Sentra Keripik Singkong Pedas Pojok Cimahi)

Nurhayati, NPM. 159020008 (2021) Model Implementasi Kebijakan Penurunan Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada UMKM Kota Cimahi (Studi Kasus di Sentra Keripik Singkong Pedas Pojok Cimahi). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Nurhayati_DIS copy.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan menganalisis implementasi kebijakan penurunan suku bunga kredit usaha rakyat di Sentra keripik Singkong Pedas Pojok Cimahi. Mengkaji dan menganalisis faktor-faktor apa yang menjadi kendala dan faktor pendorong dalam penyaluran kredit usaha rakyat di Sentra Keripik Singkong Pedas Pojok Cimahi. Mengkaji dan menganalisis model konseptual dalam penyaluran kredit usaha rakyat di Sentra Keripik Singkong Pedas Pojok Cimahi. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif merupakan prosedur penelitian dengan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Landasan teorinya penelitian kualitatif bertumpu secara mendasar pada fenomenologi dan menggali makna penelitian. Para pelaku usaha UMKM Keripik Pojok dalam menjalankan usahanya menggunakan modal sendiri tanpa pinjaman dari perbankan. Program pinjaman dari perbankan diberikan beberapa tahun lalu dengan suku bunga yang tinggi sehingga para pelaku usaha tidak mau melakukan pinjaman kembali kepada perbankan. Selain itu terkendala oleh agunan atau jaminan karena aktiva yang akan dijaminkan tidak sesuai dengan jumlah pinjaman. Untuk pengembangan usaha pemerintah telah memberikan berbagai pelatihan atau pemeberdayaan berupa akselerasi, pembentukan koperasi, PIRT, mempermudah pengurusan surat ijin usaha dan lain sebagainya. Selain itu ada anggapan bahwa pemberian kredit kepada pelaku usaha adalah hibah atau pemberian yang tidak perlu dikembalikan. Kata Kunci : Model Implementasi Kebijakan, Kredit Usaha Rakyat

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 May 2021 03:47
Last Modified: 03 May 2021 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51893

Actions (login required)

View Item View Item