PELAKSANAAN STIMULUS EKONOMI UNTUK RESTRUKRISASI KREDIT PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) AKIBAT DAMPAK PANDEMI COVID 19

Dwi Mulyanto, NPM. 188040064 (2021) PELAKSANAAN STIMULUS EKONOMI UNTUK RESTRUKRISASI KREDIT PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) AKIBAT DAMPAK PANDEMI COVID 19. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Dwi Mulyanto_MIH - Copy.docx

Download (92kB)

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UMKM) berada di garis depan guncangan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Kebijakan Lockdown (karantina Wilayah) diberlakukan di berbagai negara, salah satunya di Indonesia yang lebih dikenal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan merupakan salah satu upaya dari pemerintah Indonesia untuk memutus dan mencegah penyebaran dari virus Corona yang semakin meluas telah menghentikan aktivitas ekonomi secara tiba-tiba, dengan penurunan permintaan dan mengganggu rantai pasokan di seluruh dunia. Salah satu dampak pandemic COVID-19 yang telah menghantam UMKM adalah sebanyak 163.713 pelaku usaha mikro kecil menengah terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Dalam penulisan tesis yang dilaksanakan, peneliti menggunakan penelitian normatif yang bersifat deskriptif-analitis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan fakta-fakta yang berupa data dengan menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Penelitian hukum normatif merupakan penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap data sekunder. Fokus penelitian ini adalah menggambarkan kajian hukum pelaksanaan stimulus ekonomi yang dilakukan pemerintah untuk restrukrisasi kredit pada Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) yang diakibatkan oleh dampak pandemic covid 19. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian adalah pendekatan yuridis-normatif, yaitu pendekatan atau penelitian hukum dengan menggunakan metode pendekatan teori atau konsep dan metode analisis yang termasuk dalam disiplin ilmu hukum yang dogmatis. Dalam proses penelitian ini, metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis yuridis kualitatif, yaitu data diperoleh, kemudian disusun secara sistematis, menyeluruh (holistik) dan lengkap serta terintegrasi untuk mencapai kejelasan masalah yang akan dibahas. Sajian analisis dipaparkan melalui penelaahan atas ketajaman analisis pemikiran, tanpa menggunakan angka-angka atau data statistik. Dalam menghadapi wabah Covid-19 dari sisi ekonomi, pemerintah menerbitkan kebijakan stimulus ekonomi sektor perbankan melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No 11/POJK.0/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Serta Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan Menjadi Undang-Undang Cipta Kerja. Dimana perbankan menyelenggarakan restrukturisasi kredit bagi debitur yang terkena dampak Covid-19.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:22
Last Modified: 30 Apr 2021 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51883

Actions (login required)

View Item View Item