Moch.Taftazani, Catur Surya Permana, S.Sn., M.Sn. (2021) PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS I SDN KUBANGSARI KABUPATEN TASIKMALAYA. MOCH.TAFTAZANI: 146040032. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
Text
moch.taftazani 146040032.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional yaitu untuk mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Pendidikan karakter pada usia dini sangatlah penting, karena dengan menanamkan karakter yang kuat pada anak maka di harapkan menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Indonesia dan dapat mengatasi permasalahan kebangsaan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan dan memberi gambaran tentang, pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pendidikan karakter di kelas I SDN Kubangsari kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata. Teknik observasi, studi dokumen dan wawancara digunakan dalam proses pengumpulan data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan pemeriksaan derajat kepercayaan data, yaitu menggunakan cara triangulasi data, dengan metode crosscheck data dan sumber data. Penelitian ini menggunakan tiga tahap dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan lagu anak-anak dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan karakter pada anak usia dini. Proses pendidikan karakter tersebut terjadi pada saat guru mengajarkan lagu anak-anak dan menjelaskan tetang isi atau makna yang terkandung dalam lagu yang sedang diajarkan. Karakter yang terdapat dalam lagu anak-anak sangat berfariasi diantaranya adalah: religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Untuk mengukur keberhasilan pendidikan karakter di SDN Kubangsari guru mengamati perubahan sikap dan tingkah laku anak di saat ia disekolah. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang disampaikan adalah, guru dalam menjelaskan makna dari lagu harus sesuai dengan bahasa anak-anak dan memberi contoh nyata. Pendidikan karakter melalui lagu anak-anak sangat digemari oleh anak, sehingga seharusnya guru dan orangtua bekerjasama agar apa yang telah diajarkan di sekolah, di rumah orang tua dapat meneruskan pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Lagu Anak-anak
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2021 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 03:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51030 |
Actions (login required)
View Item |