PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE S TUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas SDN 054 Tikukur Jl. Titimplik No.1 Kecamatan Coblong, Kota Bandung)

AISYAH SHAFIRA, 145060069 (2021) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE S TUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas SDN 054 Tikukur Jl. Titimplik No.1 Kecamatan Coblong, Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI (ACC).pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK (Bahasa Inggris).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK (SUNDA).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I (ACC).pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II (ACC).pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III (ACC).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
18. BAB IV (ACC).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
19. BAB V (ACC).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Kota Bandung pada subtema ayo cintai lingkungan. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) berguna untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan Mc Taggart (1988). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, respon siswa, aktivitas siswa, pelaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi guru (RPP). Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada aktivitas siswa selama prose pembelajaran siklus I memperoleh presentase 27.8%, siklus II 57.6%, dan siklus III 85.4%, untuk aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 62.5% , siklus II 72.5%, dan siklus III memperoleh 95%. Adapaun hasil dokumentasi guru memperoleh presentase siklus I mencapai 66.6%, siklus II mencapai 73.3%, dan siklus III mencapai 93.3%. untuk hasil belajar siswa yang terdiri dari test pretest memperoleh presentase siklus I mencapai 5.7%, siklus II mencapai 8.5% dan siklus III 2.8%. untuk hasil belajar siswa yang terdiri dari test postest memperoleh presentase siklus I mencapai 28%, siklus II mencapai 75% dan siklus III 94%. dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Kota Bandung pada subtema ayo cintai lingkungan. Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Student Teams Achievement Divisions ,Keaktivitasan dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Mar 2021 06:50
Last Modified: 06 Mar 2021 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50979

Actions (login required)

View Item View Item