MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FABEL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS FATAHILLAH CIMAHI

Ahmad Aonillah, NPM :188090001 (2021) MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERITA FABEL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS FATAHILLAH CIMAHI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Ahmad Aonilah.docx

Download (118kB)

Abstract

Salah satu teks dalam mengembangkan keterampilan berbahasa peserta didik adalah teks cerita fabel. Teks cerita fabel merangsang pola pikir peserta didik untuk berimajinasi. Pola pikir tesebut berkaitan dengan sejauh mana peserta didik dapat berpikir kritis dalam mensikapi teks fiksi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel dengan menggunakan model problem based learning serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) tipe embedded. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Fatahillah Cimahi. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar observasi dan lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses penerapan model problem based learning memberikan hasil yang lebih baik terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel serta berdampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; (2) kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel peserta didik yang menggunakan model problem based learning mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata dari 49,60 menjadi 81,00; (3) kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel peserta didik yang menggunakan model problem based learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model konvensional dengan hasil perbedaan kemampuan rata-rata menelaah pada tes akhir, yaitu sebesar 81,00 berbanding dengan 75,00; dan (4) model problem based learning memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan hasil signifikansi sebesar 0,002 < 0,050 yang artinya nilai tersebut menunjukkan signifikansi atau adanya dampak yang signifikan, yaitu dari penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Menelaah Teks Cerita Fabel, Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:54
Last Modified: 15 Feb 2021 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50786

Actions (login required)

View Item View Item