Joko Fathurrohim, 133010072 and PROF. DR. IR EDDY JUSUF,SP., M.SI., M.KOM, ds and imam firmansyah, ds (2021) USULAN STRATEGI BISNIS PADA PERUSAHAAN MUTIARA OPTIKAL MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
joko fathurrohim_133010072_T INDUSTRI.pdf Download (620kB) | Preview |
Abstract
Perusahaan Mutiara Optikal merupakan usaha yang berfokus dibidang penjualan frame dan kacamata. Mutiara Optikal menyediakan berbagai jenis merk kacamata fokus penjualan pada toko dan media sosial. Mutiara Optikal telah berdiri sejak tahun 1983, pemilik dari Mutiara Optikal memberikan usulan mengenai strategi bisnis untuk dijadikan bahan penelitian, untuk meningkatkan penjualan serta pengembangan usaha pada perusahaan, mengingat banyaknya pesaing yang bermunculan dalam produk kacamata agar dapat dilihat strategi apa saja yang dapat dilakukan, berupa strategi integrasi, strategi intensif, strategi diversifikasi, strategi defensif yang dapat diusulkan bagi perusahaan. Dari jumlah produk dan penjualan kacamata Mutiara Optikal mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan ini dialami pada seluruh merk yang dijual oleh Mutiara Optikal. Dalam segi kenaikan penjualan tentu perusahaan harus melihat pertumbuhan pasar serta perkembangan jaman yang dihadapi untuk melakukan perbaikan dan langkah – langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyusun strategi yang diperlukan perusahaan. Pengolahan data Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) adalah alat yang memungkinkan para penyusun strategi mengevaluasi hasil berbagai strategi alternatif secara obyektif berdasarkan faktor-faktor keberhasilan penting pada faktor eksternal dan internal yang telah diidentifikasi terlebih dahulu. Matriks tersebut secara obyektif menunjukan strategi alternatif yang baik yang telah dipilih untuk dijadikan pilihan strategi. Secara konseptual tujuan dari QSPM adalah menetapkan kemenarikan relatif (relative attractiveness) dari strategi-strategi yang bervariasi yang dipilih, untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik untuk diimplementasikan. QSPM yang digunakan pada penelitian ini yaitu masukan dari analisis Matriks SWOT, Matriks IE (Internal Eksternal) dan Matriks SPACE untuk memperoleh hasil yang diperlukan dalam penyusunan dan pemilihan strategi pada QSPM. Setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan matriks QSPM maka diperoleh priorotas alternatif strategi operasional yang paling baik berdasarkan nilai TAS (Total Attractive Score) yang terbesar yaitu Strategi Pengembangan Produk (Product Development) yaitu dengan nilai TAS sebesar 4.39, dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa strategi Penetrasi pasar ( Market Penetration) merupakan strategi yang paling cocok digunakan untuk perusahaan Mutiara Optikal.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 04:09 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 04:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50407 |
Actions (login required)
View Item |