ANDRE SEPTIAN ALAMSYAH, 165050032 (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Andre.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-indonesia.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran Brain Based Learning dalam pembelajaran matematika memberikan kesempatan pada siswa untuk mengasah kemampuan komunikasi matematik. Selain itu, lingkungan pembelajaran yang menantang dan menyenangkan juga akan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi dan beraktifitas secara optimal dalam pembelajaran, karena motivasi dapat menggerakan siswa untuk belajar atau menguasai materi yang sedang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengenai penerapan model brain based learning (BBL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian literature research. Sumber data penelitian ini berasal artikel/jurnal yang berasal dari pencarian yang dilakukan pada database elektronik sebagai berikut: Google Schooler; dan Science Direct;. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara memasukan kombinasi kata kunci pada mesin pencarian diatas, kata kunci yang dimaksud adalah ; ‘model pembelajaran’, ‘brain’, ‘brain based learning, ‘komunikasi’. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi untuk mencapai persyaratan pembelajaran berbasis otak terdapat tiga strategi utama yang dapat dikembangkan dalam implementasi Brain Based Learning yaitu : 1) menciptakan lingkungan belajar yang menantang kemampuan berpikir siswa, 2) menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, 3) menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa (active learning). Hingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : Brain Based Learning, Komunikasi, dan Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 04:27 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 04:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50290 |
Actions (login required)
View Item |