ANALISIS RANTAI PASOK KOMODITAS KOPI PADA IKM/UKM DI KABUPATEN MAJALENGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODA BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

DINDA FITRI SYAFIRA, mhs and Toto Ramadhan, DS (2020) ANALISIS RANTAI PASOK KOMODITAS KOPI PADA IKM/UKM DI KABUPATEN MAJALENGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODA BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
DINDA FITRI SYAFIRA_153010125_TEKNIK INDUSTRI (1).pdf

Download (655kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia. Salah satu penghasil kopi di Indonesia ini adalah Kabupaten Majalengka. Dari beberapa kecamatan yang terdapat di Kabupaten Majalengka, penghasil kopi paling besar yaitu kecamatan Lemahsugih, dengan menghasilkan produksi kopi sebesar 190.51 ton. Berdasarkan hal tersebut, kecamatan Lemahsugih menjadi fokus untuk penelitan ini. Secara umum, permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah model bisnis dan rantai pasok komoditas kopi di Kabupaten Majalengka yang belum efektif. Dengan demikian, penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis model bisnis dan rantai pasok yang terdapat pada komoditas kopi Kabupaten Majalengka. Penelitian ini terdiri dari tiga sub kajian. Kajian pertama adalah membuat rancangan proses bisnis komoditas kopi Kabupaten Majalengka dengan menggunakan Integreted Definition for Function Modeling (IDEF0). Kajian kedua adalah menganalisis model bisnis dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang didalamnya terdiri dari 9 elemen penting. Dan kajian yang ketiga adalah menganalisis rantai pasok komoditas kopi Kabupaten Majalengka. Kata Kunci: Kopi, Kabupaten Majalengka, Model Bisnis, IDEF0, Business Model Canvas, Supply Chain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:49
Last Modified: 23 Dec 2020 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50184

Actions (login required)

View Item View Item