AKTUALISASI PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP DAYA NALAR (POLITICAL LITERACY) POLITIK GURU PPKn (Studi Kasus MGMP PPKn SMA Se-Kota Bandung dan Politisi)

KEVLIN ANGGRIAWAN, 165010024 (2020) AKTUALISASI PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP DAYA NALAR (POLITICAL LITERACY) POLITIK GURU PPKn (Studi Kasus MGMP PPKn SMA Se-Kota Bandung dan Politisi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak kevlin.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB III skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
dapus skripsi.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru-guru PPKn SMA Se-Kota Bandung memahami sebuah dinamika politik yang terjadi pada saat ini serta memberikan pendidikan politik kepada peserta didik. Sehingga rumusan masalah pada penelitia ini adalah : bagaimana mindset atau paradigma berpikir, pemahaman, canangan program, dan upaya yang diberikan pemerintah terkait pendidikan politik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah guru PPKn SMA Se-Kota Bandung yang tergabung dalam MGMP PPKn SMA Se-Kota Bandung dan para politisi yang menjadi pemangku kebijakan, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Ketua MGMP PPKn SMA Se-Kota Bandung dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi V, serta angket yang dibagikan kepada Guru PPKn SMA Se-Kota Bandung yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara mendasar guru PPKn sudah memahami secara penuh fenomena politik yang ada pada saat ini dan pengetahuan para guru PPKn tersebut secara dasar sudah bisa dikatakan secara daya melek politik sudah baik (2) Tidak ada program canangan khusus dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk merealisasikan program pendidikan politik entah itu dari pemerintaha eksekutif atau legislatif. Alasan tidak ada canangan program pendidikan politik dari pemerintah sendiri dikarenakan anggaran yang tidak di alokasikan untuk membuat program pendidikan politik akan tetapi alternatif nya para legislator membuka pintu selebar-lebarnya bagi guru PPKn untuk mengadakan audiensi dan diskusi terkait pendidikan politik untuk menambah daya melek politik. Kata Kunci : Pendidikan Politik, Guru PPKn, Literasi Politik, Daya Melek Politik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:45
Last Modified: 22 Dec 2020 07:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50180

Actions (login required)

View Item View Item