OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI TEH HITAM ORTODOKS DENGAN MODEL GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus: PT. Perkebunan Nusantara VIII Perkebunan Montaya)

LUTFI SANDI, mhs and Tjutju Tarliah.D, DS (2020) OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI TEH HITAM ORTODOKS DENGAN MODEL GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus: PT. Perkebunan Nusantara VIII Perkebunan Montaya). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
LUTFI SANDI_153010056_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (263kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pada bagian produksi di PT. Perkebunan Nusantara VIII Perkebunan Montaya, terdapat proses produksi untuk menghasilkan beberapa jenis teh hitam orthodoks sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. Dalam penentuan kualitas teh dari hasil produksi, terdapat 3 jenis mutu teh hitam orthodoks dengan 75% jenis mutu 1 dan jenis mutu 2 dipasarkan untuk di eskspor dan 25% untuk jenis mutu 3 yang dipasarkan untuk lokal. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada bagian produksi, untuk tahun ini perusahaan hanya dapat memproduksi teh hitam orthodoks dengan jumlah yang sedikit. Masalah tersebut disebabkan dari menurunnya ketersediaan bahan baku yang disebabkan banyaknya daun teh hasil kebun milik perusahaan tidak tumbuh secara sempurna yang disebabkan dari faktor iklim, sehingga hasil jumlah produksi teh hitam orthodoks dan pendapatan yang diperoleh menjadi menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut agar perusahaan dapat memproduksi dengan keterbatasan bahan baku yang tersedia, perlu adanya perencanan produksi dengan sasaran memaksimumkan pendapatan dan meminimumkan biaya produksi. Agar sasaran dari perencanaan produksi yang dibuat dapat tercapai perlu adanya perubahan dalam memproduksi hanya beberapa produk saja dengan permintaan yang lebih dominan berdasarkan dari data penjulalan sebelumnya, sehingga perusahaan dapat menghasilkan jumlah produksi dalam jumlah besar. Hasil yang diperoleh untuk perencanaan produksi yang optimal dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode Goal Programming yang diolah menggunakan software WIN QSB, bahwa dalam memaksimalkan pendapatan teh hitam orthodoks untuk di ekspor menghasilkan laba penjualan sebesar Rp. 378.220.320 dan untuk meminimumkan biaya produksi dapat dikeluarkan dengan biaya sebesar Rp. 714.728.128. Kata Kunci: Perencanaan Produksi, Goal Programming.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:04
Last Modified: 17 Dec 2020 05:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50157

Actions (login required)

View Item View Item