MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA LAGU DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PELITA JATIBARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

HENGKI YAHYA, NPM : 178090006 (2020) MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA LAGU DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PELITA JATIBARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
HENGKI YAHYA MAGISTER BAHASA DAN SASTRA INDON.docx

Download (166kB)

Abstract

Hengki Yahya. 2020. Model Teams Assisted Individualization dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Media Lagu Dan Pengaruhnya Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMK Pelita Jatibarang. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M. Si., (11) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd. Kata Kunci : Model Teams Asissted Individualization, Media Lagu, Menulis Cerpen, Berpikir Kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (a) mengklasifikasikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model teams assisted individualization berbantuan media lagu dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model quantum teaching, (b) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antar peserta didik yang menggunakan model teams assisted individualization berbantuan media lagu dengan peserta didik yang menggunakan model model quantum teaching, (c) mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis cerpen yang menggunakan model teams assisted individualization berbantuan media lagu dengan peserta didik yang menggunakan model quantum teaching, (d) mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis cerpen yang menggunakan model teams assisted individualization berbantuan media lagu dengan peserta didik yang menggunakan model quantum teaching, (e) mendeskripsikan pengaruh model teams assisted individualization berbantuan media lagu dalam pembelajaran menulis cerpen terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMK Pelita Jatibarang. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model.penelitian ini mengimplementasikan model teams assisted individualization dengan media lagu untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis cerpen dan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil prettest kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, rata- rata nilai posttes kelas eksperimen menjadi 80,20 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 68,11. Peningkatan tersebut menggambarkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diberikan perlakuan model teams asissted individualization dengan media lagu mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model teams asissted individualization dengan media lagu dalam pembelajaran menulis cerpen berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:22
Last Modified: 15 Dec 2020 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50146

Actions (login required)

View Item View Item