ANALISIS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2020/2021 DENGAN SISTEM ZONASI PADA SMA DI KOTA BANDUNG (Survey PadaSMA Negeri 16 Bandung)

NOK MELIAWATI ASTUTI, 165020031 (2020) ANALISIS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2020/2021 DENGAN SISTEM ZONASI PADA SMA DI KOTA BANDUNG (Survey PadaSMA Negeri 16 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi ditengah wabah covid-19 dan pada saat UN dihapuskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pelaksanaan PPDB di SMA kota Bandung dengan adanya covid-19 dan dengan adanya Ujian Nasional (UN) ditiadakan, (2) hambatan dalam pelaksanaan PPDB sistem zonasi 2020 dengan adanya covid-19 terkait UN ditiadakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif berdasarkan data kualittif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan PPDB di SMA Negeri 16 Bandung ditengah pandemi covid-19 ini tetap berlangsung diselenggarakan dengan menggunakan daring/online, hal ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan juknis PPDB 2020 Jawa Barat. Namun demikian, adapun kendala pada saat pelaksanaan PPDB SMA Negeri 16 Bandung adalah terbatasnya daya tampung sehingga banyak siswa yang tidak diterima di sekolah tersebut. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan melalui triangulasi, diperoleh hasil penelitian bahwa PPDB tahun 2020 berbasis zonasi masih terdapat hambatan seperti terbatasnya daya tampung, terdapat perbandingan antara jumlah penduduk usia sekolah kecamatan kiaracondong sebanyak 10.041 dengan kuota siswa pada tahun 2019 sebanyak 206 dan tahun 2020 sebanyak 192 siswa. Jumlah penduduk yang akan memasuki jenjang SMA di kecamatan kiaracondong diasumsikan sebanyak 2.008. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang terkait (1) Pertahankan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yang telah dilaksanakan karena terkonfirmasi di SMA Negeri 16 Bandung berupaya menyeleksi siswa baru dengan kemampuan akademik yang baik, (2) Masing-masing sekolah hendaknya menambah kapasitas daya tampung sehingga calon siswa/i baru yang mendaftar ke sekolah tersebut bilamana melebihi batas kuota pendaftaran bisa diterima di sekolah tersebut, (3) Dapat dijadikan saran bahwa kebanyakan jumlah penduduk itu harus di barengi dengan daya tampung yang ditingkatkan sesuai dengan jumlah penduduk yang ada, (4) Hendaknya pemerintah menambah kapasitas daya tampung untuk setiap masingmasing sekolah yang ada di kota Bandung, (4) Hendaknya peneliti selanjutnya meneliti lebih luas lagi terkait penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis zonasi. Kata kunci : PPDB, Sistem Zonasi, Ekonomi Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Nov 2020 07:58
Last Modified: 27 Nov 2020 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50097

Actions (login required)

View Item View Item