IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING BASED ON STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION AND LITERATION IN IMPROVING MATEMATIC CONNECTION ABILITIES AND LEARNING MOTIVATION OF HIGH SCHOOL STUDENTS)

Yani Mulyani, NPM. 188060010 (2020) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING BASED ON STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION AND LITERATION IN IMPROVING MATEMATIC CONNECTION ABILITIES AND LEARNING MOTIVATION OF HIGH SCHOOL STUDENTS). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Yani Mulyani_MPM copy.doc

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded Experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretest-postest control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 20 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) dari 6 kelas X MIPA. Kelas X MIPA 6 berjumlah 35 orang, diberikan perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning dan kelas X MIPA 5 berjumlah 35 orang dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis materi vektor, angket motivasi belajar dengan skala likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mendapatkan model PBL dan model Ekspositori, sehingga perbedaan nilai posttest kemampuan koneksi matematis antara kelas yang memperoleh pembelajaran ekspositori dan PBL dalam hal ini model pembelajaran PBL lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori, (2) terjadi hubungan yang kuat antara motivasi belajar siswa dan kemampuan koneksi matematis siswa di SMA Negeri 20 Bandung, (3) deskripsi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi dilihat dari data hasil analisis angket dengan rerata kategori motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model PBL berada pada kategori tinggi dan model Ekspositori berada pada kategori sedang,, (4) Deskripsi aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan model PBL, dan model Ekspositori menunjukkan hasil yang positif atau sesuai yang diharapkan dalam kerangka tujuan pembelajaran berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi dalam melaksanakan kegiatan menumbuhkan nilai-nilai karakter dan literasi pada saat kegiatan belajar di dalam kelas. Kata kunci: implementasi, problem based learning, penguatan pendidikan karakter dan literasi, kemampuan koneksi matematis, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:15
Last Modified: 20 Nov 2020 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50059

Actions (login required)

View Item View Item