Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Jadi (Finish Good Warehouse) di PT. PTS (Prakasa Trada Solusi) Menggunakan Metode Shared Storage

Suci Siratriat, mhs and Yogi Yogaswara, DS (2020) Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Jadi (Finish Good Warehouse) di PT. PTS (Prakasa Trada Solusi) Menggunakan Metode Shared Storage. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Suci Siratriat_183010183_Teknik Industri.pdf

Download (498kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Untuk mencapai kestabilan kerja pada gudang produk jadi di PT. PTS (Prakasa Trada Solusi) maka haruslah memiliki gudang yang dapat menempatkan barang sesuai kondisinya baik dari segi luas gudang maupun tempat produk akan disimpan. Menerima produk jadi harus diiringi dengan penanganan yang baik di gudang karena perusahaan ini menyimpan barang produk jadi dari perusahaan mergernya sebelum dikirim ke distributor maupun toko-toko retail. Gudang produk jadi ini berpengaruh terhadap perusahaan manufaktur yang memerlukan tempat penyimpanan barang-barang hasil produksi. Untuk itu perusahaan ini harus memberikan pelayanan prima dengan memberikan pelayanan terhadap barangbarang tersebut mulai dengan penerimaan barang, menyimpanan barang, hingga pengiriman kembali. Semakin banyaknya hasil produksi yang dihasilkan maka akan semakin bertambah ruang penyimpanan produk yang diperlukan untuk menampung produk jadi, akibatnya banyak ruang yang diperlukan sementara luas dari gudang produk jadi PT. PTS (Prakasa Trada Solusi) yang baru tidak terlalu luas. Sehingga produk yang masuk dan keluar menjadi tidak teratur dan akan menyulitkan dalam mengatur produk jadi tersebut, maka dari itu penulis menggunakan metode Shared Storage untuk perbaikan gudang produk jadi. Proses penempatan produk pada metode shared storage adalah dengan menyusun area-area penyimpanan berdasarkan kondisi luas lantau gudang, kemudian diurutkan area yang paling dekat sampai area yang terjauh dari pintu keluar masuk I/O, sehingga penempatan barang yang akan segera dikirim diletakan pada area yang paling dekat dan begitu seterusnya.Shared storage merupakan metode pengaturan tata letak ruang gudang dengan menggunakan prinsip FIFO ( First In First Out) dimana barang yang cepat dikirim diletakan pada area penyimpanan yang terdekat dengan pintu masuk-keluar (I/O).Metode ini akan lebih baik digunakan pada jenis pabrik yang memiliki ukuran dimensi produk yang sama atau tidak jauh berbeda. Karena setiap area penyimpanan bisa iv saja ditempati oleh jenis produk yang berbeda-beda berdasarkan waktu produksi dan tanggal pengiriman produk tersebut. Kata Kunci : Layout Gudang, Shared Storage.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:36
Last Modified: 17 Nov 2020 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50015

Actions (login required)

View Item View Item