PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 9 TELUK SEBONG – KEPULAUAN RIAU

Fira Wara Juwita, NPM : 178020146 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 9 TELUK SEBONG – KEPULAUAN RIAU. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
A. Artikel Thesis Sidang Akhir Fira Wara Juwita.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi dan dampaknya terhadap prestasi siswa di SMP Negeri 9 Teluk Sebong – Kepulauan Riau. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap pengembangan ilmu manajemen, khususnya manajemen pendidikan. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan informasi penting bagi pihak-pihak terkait maupun menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih jauh tentang pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi dan dampaknya terhadap prestasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Teluk Sebong, Provinsi Kepulauan Riau dengan melibatkan 60 siswa kelas IX. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memahami respon siswa terhadap lingkungan sekolah, motivasi belajar, dan prestasi belajarnya, dan secara statistik dengan menggunakan analisis korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antar variabel yang diteliti. dan analisis jalur. Adapun untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis jalur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel lingkungan sekolah dengan prestasi belajar, variabel motivasi belajar dengan prestasi belajar, dan variabel lingkungan sekolah dengan motivasi belajar. Selain itu, ditemukan pula pengaruh langsung yang signifikan dari variabel lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar, namun tidak signifikan pada variabel lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dan variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini justru menemukan adanya pengaruh tidak langsung yang signifikan dari variabel lingkungan sekolah melalui variabel motivasi belajar terhadap variabel prestasi belajar. Kata kunci: Lingkungan sekolah, motivasi belajar, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:51
Last Modified: 13 Nov 2020 01:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49987

Actions (login required)

View Item View Item