TANGGUNG JAWAB PT KERETA CEPAT INDONESIA CHINA TERHADAP LAHAN DI LUAR TRASE YANG DIRUGIKAN MENJADI LAHAN YANG TIDAK PRODUKTIF OLEH ADANYA PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG

Aulia Rohmat, 161000084 (2020) TANGGUNG JAWAB PT KERETA CEPAT INDONESIA CHINA TERHADAP LAHAN DI LUAR TRASE YANG DIRUGIKAN MENJADI LAHAN YANG TIDAK PRODUKTIF OLEH ADANYA PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
H. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
J. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
I. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Dalam melaksanakan pembangunan bagi kepentingan umum harus adanya keseimbangan antara kepentingan pembangunan dan kepentingan masyarakat. Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung menimbulkan permasalahan yang dimana pemilik lahan di luar trase yang dirugikan menjadi lahan tidak produktif oleh adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Tanah di luar trase yang dimaksudkan dalam penilitian ini adalah lahan yang dibebaskan hanya yang terpotong trase, sementara sisa kanan dan kirinya tidak ikut dibebaskan meskipun satu bidang. Pemilik lahan di luar trase menuntut agar tanah di luar trase atau yang terpotong trase ikut dibebaskan atau adanya tanggung jawab terhadap tanah di luar trase. Penelitian ini mempertanyakan peraturan terhadap lahan di luar trase yang dirugikan menjadi lahan yang tidak produktif oleh adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, tanggung jawab terhadap lahan di luar trase yang dirugikan menjadi lahan yang tidak produktif oleh adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, penyelesaian terhadap masalah atas lahan di luar trase yang dirugikan menjadi lahan yang tidak produktif oleh adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dan sistematis mengenau gak-hak yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, diihubungkan dengan peraturan yang berlaku, dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu dengan menitik beratkan pada data-data yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan didukung oleh studi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab PT Kereta Cepat Indonesia China terhadap lahan di luar trase yang dirugikan menjadi lahan yang tidak produktif oleh adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, peraturan terhadap pemilik lahan di luar trase terdapat dalam Pasal 9, Pasal 35, Pasal 57 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pangadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, Pasal 67 Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, Pasal 11 Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengadaan Tanah. Serta pertanggung jawaban atas terhadap lahan di luar trase yang dirugikan menjadi tidak produktif oleh adanya proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ialah Pemerintah, tanggung jawab berupa ganti rugi atau adanya tanggung jawab kepada pemilik lahan di luar trase. Selain itu agar pemilik lahan di luar trase dapat menyelesaikan permasalahan dengan pihak yang membutuhkan tanah dapat dilakukan dengan cara pemilik lahan di luar trase mengajukan permohonan, dan apabila permohonan tidak direspon atau hasil yang tidak memuaskan. Pemilik lahan di luar trase dapat mengajukan gugatan ke pengadilan negeri setempat. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pengadaan Tanah, Di Luar Trase, Dirugikan, Tanah Tidak Produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:09
Last Modified: 12 Nov 2020 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49980

Actions (login required)

View Item View Item