MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI YANG BERFOKUS PADA UNSUR KESATUAN DAN KEPADUAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA

Anggun Puspitasari, NPM : 178090019 (2020) MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI YANG BERFOKUS PADA UNSUR KESATUAN DAN KEPADUAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis Anggun.docx

Download (120kB)

Abstract

Puspitasari, Anggun 2020 Model Problem Based Learning Dalam Menulis Teks Eksplanasi Yang Berfokus pada Kesatuan dan Kepaduan Serta Dampaknya Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik di SMA. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing (1) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (III) Dr. Sri Marten Yogaswara, M.M. Kata Kunci: Berfikir Kreatif, Kesatuan dan Kepaduan Model Problem Based Learning Tujuan penelitian ini adalah (a) mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam menulis teks eksplanasi. (b) Mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam kemampuan berpikir kreatif (c) Mengetahui proses penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis teks ekplanasi yang berfokus pada unsur kesatuan dan kepaduan pada peserta didik. (d) Mengetahui dampak penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. (e) Mendeskripsikan dampak penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode Cooverative Learning. Penelitian ini meneliti bagaimana prosedur perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini meneliti bagaimana prosedur perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks eksplanasi yang berfokus pada kesatuan dan kepaduan serta dampaknya bagi peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi yang berfokus pada kesatuan dan kepaduan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:37
Last Modified: 11 Nov 2020 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49968

Actions (login required)

View Item View Item