ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING

APLAHA SALAS RAMADANTI, 165050052 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif membuat proses belajar menjadi membosankan dan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika perlu adanya sebuah perubahan cara belajar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Reciprocal Teaching. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mengkaji konsep kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) Mengkaji perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran yang bukan Reciprocal Teaching; 3) Mengkaji implementasi model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kepustakaan. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan pesan, informasi, dan ide yang dimilikinya dalam mata pelajaran matematika secara lisan atau tulisan. 2) Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran yang bukan Reciprocal Teaching menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Reciprocal Teaching lebih baik atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pembelajaran biasa, konvensional, ekspositori, dan CTL. 3) Implementasi model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dikategorikan sangat baik, karena siswa dapat mengikuti keempat tahapan kegiatan pembelajaran dalam model Reciprocal Teaching. Sehingga model Reciprocal Teaching sangat efektif untuk digunakan dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:44
Last Modified: 10 Nov 2020 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49956

Actions (login required)

View Item View Item