APLAHA SALAS RAMADANTI, 165050052 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif membuat proses belajar menjadi membosankan dan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika perlu adanya sebuah perubahan cara belajar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Reciprocal Teaching. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mengkaji konsep kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) Mengkaji perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran yang bukan Reciprocal Teaching; 3) Mengkaji implementasi model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kepustakaan. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan pesan, informasi, dan ide yang dimilikinya dalam mata pelajaran matematika secara lisan atau tulisan. 2) Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Reciprocal Teaching dengan model pembelajaran yang bukan Reciprocal Teaching menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Reciprocal Teaching lebih baik atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pembelajaran biasa, konvensional, ekspositori, dan CTL. 3) Implementasi model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dikategorikan sangat baik, karena siswa dapat mengikuti keempat tahapan kegiatan pembelajaran dalam model Reciprocal Teaching. Sehingga model Reciprocal Teaching sangat efektif untuk digunakan dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:44 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49956 |
Actions (login required)
View Item |