PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP BUDAYA KERJA YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI PUSAT PENDIDIKAN PEMBEKALAN ANGKUTAN KODIKLAT TNI AD

DWI PUTERI YUDHA DARMADI, NPM : 178020013 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP BUDAYA KERJA YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI PUSAT PENDIDIKAN PEMBEKALAN ANGKUTAN KODIKLAT TNI AD. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL DWI PUTERI YUDHA DARMADI (178020013) - MM.doc

Download (305kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai belum optimal, kurangnya motivasi pegawai dalam berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan bagi pengembangan organisasi/instansi, budaya kerja merupakan satu kesatuan yang integral, dan sulit berubah, gaya kepemimpinan dan motivasi kerja belum dapat membuat budaya kerja dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh data tentang pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap budaya kerja yang berimplikasi pada kinerja PNS di Pusat Pendidikan Pembekalan Angkutan Kodiklat TNI AD. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, untuk meningkatkan kinerja pegawai dan membantu organisasi untuk menentukan kepemimpinan transformasional, program peningkatan motivasi pegawai, dan perubahan budaya kerja. Metode penelitian menggunakan metode survey deskriptif verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner terhadap PNS di Pusat Pendidikan Pembekalan Angkutan Kodiklat TNI AD menjadi responden berjumlah 93 orang. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh yang positif terhadap budaya kerja, besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 9,9%, hal ini menunjukkan semakin tinggi kepemimpinan transformasional maka akan meningkatkan budaya kerja. Motivasi kerja berpengaruh yang positif terhadap budaya kerja, besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 48,7%, hal ini menunjukkan semakin tinggi motivasi kerja maka akan meningkatkan budaya kerja. Budaya kerja memberikan pengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 77,8%, sedangkan sisanya 22,2% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi budaya kerja maka akan meningkatkan kinerj pegawai. Besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap budaya kerja adalah sebesar 58,6%, sedangkan pengaruh variabel lain di luar variabel yang diteliti yaitu sebesar 41,4%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan secara deskriptif variabel kepemimpinan transformasional, motivasi, dan budaya kerja baik secara simultan maupun secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Budaya Kerja, Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 09 Nov 2020 01:46
Last Modified: 09 Nov 2020 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49944

Actions (login required)

View Item View Item