ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS (MEA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

GUGUN GUMILAR, 165050015 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS (MEA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi dan pendekatan kualitatif. Pada penelitian kajian pustaka ini menggunakan sumber tertulis seperti artikel, jurnal, skripsi dan dukumen-dokumen tertulis yang relevan lainnya. Penelitian kajian pustaka ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih relatif rendah. Salah satu model yang dapat digunakan sebagai upaya menerapkan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah model pembelajaran Means End Analysis (MEA). Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis konsep pengertian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) Menganalisis konsep model pembelajaan Means End Analysis, (3) Menganalisis impelementasi model pembelajaran Means End Analysis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah merupakan proses untuk mengatasi suatu masalah yang ditemui dan untuk menyelesaikannya diperlukan strategi.kemampuan pemecahan masalah yang sangat penting dalam pembelajaran matematika dan merupakan salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik karena pemecahan masalah matematis merupakan salah satu standar yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika dan menjadi salah satu tujuan dari pembelajaran matematika; (2) Model pembelajaran Means End Analysis merupakan model pembelajaran yang digunakan sebagai cara untuk menganalisis permasalah dengan penyederhanaan masalah sehingga mencapai tujuan yang di inginkan dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, kritis, logis da sistematis; (3) Implementasi model pembelajaran Means End Analysis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dapat dikatakan meningkat terlihat dari hasil belajar matematika siswa yang dicapai oleh kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Means End Analysis (MEA) lebih baik dibandingkan dengan kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran Means End Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:01
Last Modified: 05 Nov 2020 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49937

Actions (login required)

View Item View Item