PERANCANGAN GAMIFIKASI PADA SISTEM AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN KEMAJUAN STUDI MAHASISWA

Mochamad Ferian Bagaskara, mhs and Ririn Dwi Agustin, DS and Handoko Supeno, DS (2020) PERANCANGAN GAMIFIKASI PADA SISTEM AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN KEMAJUAN STUDI MAHASISWA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Mochamad Ferian Bagaskara_153040079_Teknik Informatika.pdf

Download (641kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kemajuan akademik mahasiswa menjadi salah satu faktor penting untuk mengukur kualitas akademik perguruan tinggi. Kemajuan akademik mahasiswa dapat diukur melalui indeks prestasi mahasiswa, lama studi mahasiswa, dan indeks kehadiran perkuliahan mahasiswa di kelas. Kemajuan akademik bagi mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Pasundan masih belum maksimal. Rendahnya kemajuan akademik mahasiswa dapat dipicu oleh rendahnya motivasi mahasiswa terhadap kemajuan akademik mereka. Motivasi mahasiswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan keterlibatan mereka pada sistem akademik melalui ganjaran ekstrinsik atau ganjaran intrinsik. Gamifikasi menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan keteribatan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan motivasi kemajuan akademik mereka. Penelitian ini menggunakan metode player experience design process. Studi literatur dan observasi dilakukan untuk mendapatkan kebutuhan gamifikasi. Octalysis framework digunakan untuk menentukan model keterlibatan. Konsep 4 game’s basic elements digunakan untuk merancang lingkungan gamifikasi. Konsep internal economy of game digunakan untuk menentukan ekonomi gim. Kakas machination digunakan untuk menguji ekonomi gim. Kakas adobe XD digunakan untuk merancang purwarupa gamifikasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan gamifikasi yang fokus terhadap peningkatan indeks kehadiran mahasiswa, raihan sks, dan percepatan lama studi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Kata kunci: kemajuan akademik, motivasi, ganjaran ekstrinsik, ganjaran intrinsik, gamifikasi, player experience design process, octalysis framework, 4 game’s basic elements, internal economy of game¸ purwarupa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:10
Last Modified: 05 Nov 2020 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49927

Actions (login required)

View Item View Item