Rian Hidayat, 161000127 (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HUKUM PIDANA TENTANG PENDIDIKAN NASIONALISME DAN NILAI-NILAI IDEOLOGI PANCASILA BAGI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN SUKAMISKIN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
A.COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
E.DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
F.BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
G.BAB II.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
H.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
Text
I.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
Text
J.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
iv ABSTRAK Kebijakan Hukum Pidana dapat juga disebut Politik Hukum Pidana atau Pembaharuan Hukum Pidana. Melaksanakan Kebijakan Hukum Pidana berarti usaha mewujudkan peraturan perundang-undangan pidana yang sesuai dengan keadaan dan situasi pada suatu waktu dan untuk masa-masa yang akan datang. Pendidikan Nasionalisme diartikan sebagai pengajaran pengembangan diri yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki kebanggaan dengan memelihara kehormatan bangsa dan Negara. Nilai-nilai Ideologi Pancasila diartikan sebagai ideologi dasar Negara Indonesia yang mengandung makna sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kebijakan hukum pidana terkait dengan Pendidikan Nasionalisme dan Nilai-nilai Ideologi Pancasila yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin? Bagaimana implementasi bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin terkait dengan Nilai-nilai Nasionalisme dan Pancasila? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pelaksanaan Pendidikan Nasionalisme dan mengimplementasikan Nilainilai Ideologi Pancasila di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin? Dalam menganalisis hasil penelitian, penulis menggunakan metode penelitian, spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif analitis, metode deskriptif analitis adalah metode yang datanya sudah dikumpulkan oleh penulis kemudian dianalisis sesuai dengan teori dan fakta dilapangan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti data atau bahan perpustakaan yang merupakan data sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder maupun bahan hukum tersier. Kesimpulan dalam penelitian ini yang didapatkan dari data lapangan berupa wawancara adalah bentuk kebijakan hukum pidana yang terkait dengan Pendidikan Nasionalisme dan Nilai-nilai Ideologi Pancasila di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin yaitu pembinaan kepribadian dengan berdasarkan kesadaran bernegara melalui Upacara pengibaran bendera, Pramuka menjadi seorang Pembina dan anggota yang bernama Gugus Darma Pramuka Wira Bakti (GDPWB). Adanya Seminar Kebangsaan yang dilakukan oleh warga binaan pemasyarakatan untuk Kepala Desa dan warga Sukabumi, Seminar Kebangsaan dengan fasilitator dari Pembina Pramuka Jawa Barat dan sudah bekerja sama dengan Kantor Wilayah Hukum Jawa Barat yang bertujuan menjadi salah satu bentuk pengabdian masyarakat. Wujud Ideologi Pancasila yaitu salah satu yang mendasar bertakwa dilakukan sehari-hari dalam hal kerohanian, selalu berdampingan dengan berbeda agama apapun. Kata Kunci: Kebijakan Hukum Pidana, Pendidikan, Nasionalisme, Pancasila.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018 |
Depositing User: | Lilis Atikah |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 00:49 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 00:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49924 |
Actions (login required)
View Item |