ANALISIS UNSUR GAYA BAHASA PADA KUMPULAN CERPEN MENGHARDIK GERIMIS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA INDONESIA DI KELAS XI SMA

MUHAMMAD RIZQI, 165030011 (2020) ANALISIS UNSUR GAYA BAHASA PADA KUMPULAN CERPEN MENGHARDIK GERIMIS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA INDONESIA DI KELAS XI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis unsur gaya bahasa pada kumpulan cerpen Menghardik Gerimis karya Sapardi Djoko Damono dan mendeskripsikan perencanaan pembelajarannya dengan pendekatan struktural untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi para pendidik tentang pemilihan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran menganalisis cerpen di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian dengan cara mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Penelitian ini digunakan dalam menganalisis unsur gaya bahasa pada kumpulan cerpen Menghardik Gerimis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku kumpulan cerpen Menghardik Gerimis karya Sapardi Djoko Damono dan beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil analisis cerpen menunjukan gaya bahasa perbandingan, pertentangan dan perulangan yang paling banyak digunakan dalam kumpulan cerpen Menghardik Gerimis karya Sapardi Djoko Damono adalah gaya bahasa pertautan yaitu sebanyak 55 buah gaya bahasa yang dilakukan pada 15 judul cerpen dari buku kumpulan cerpen Menghardik Gerimis Karya Sapardi Djoko Damono. Hasil dari penelitian selanjutnya dijadikan sebagai upaya pemilihan bahan ajar dan diimplementasikan menjadi bahan ajar untuk kegiatan pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas khususnya pembelajaran cerpen di kelas XI. Dalam skripsi sudah dibuat bahan ajar dalam bentuk RPP dan sudah dinilai berdasarkan variabel-variabel yang sudah ditentukan sesuai dengan penilaian expert judgment. Oleh karena itu Penelitian unsur gaya bahasa pada kumpulan cerpen Menghardik Gerimis karya Sapardi Djoko Damono dalam penelitian ini dapat diimplementasikan untuk bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra indonesia di kelas XI SMA. Kata Kunci: Analisis, Kumpulan Cerpen, Menghardik Gerimis, Bahan ajar, Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:43
Last Modified: 04 Nov 2020 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49921

Actions (login required)

View Item View Item