PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: MASTERSLONDOK HOME INDUSTRI, CIMAHI)

RIZAL PACHLEVI :, Mhs (2020) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: MASTERSLONDOK HOME INDUSTRI, CIMAHI). Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img] Text
Rizal Pachlevi_133010060_Teknik Industri.docx

Download (268kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Master Slondok merupakan usaha yang berfokus pada penjualan makanan ringan berbahan dasar singkong. Saat ini Master Slondok memiliki lima varian rasa dari produknya, yaitu : Rasa pedas, rasa jagung manis, rasa keju, rasa sapi panggang dan rasa barbeque. Kegiatan proses produksi Master Slondok dilakukan di Jl. Teleponia 1 No. 7, Cibeureum, Cimahi, Jawa Barat yang sudah berdiri dari Januari 2018, dengan fokus pemasaran di daerah Kota Bandung dan berharap dapat merambat ke kota lainnya yang ada di Indonesia. Kota Bandung dipilih dikarenakan kota tersebut merupakan salah satu kota destinasi wisata kuliner di Jawa Barat dengan adanya berbagai macam makanan utama dan makanan cemilan di sudut-sudut kota. Adanya penelitian mengenai strategi pemasaran di usaha Master Slondok ini karena tedapat penurunan kapasitas produksi pada November 2018, sehingga menyebabkan munculnya masalah-masalah dalam hal penjualan produk Master Slondok yang berdampak pada aspek lainnya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan adanya evaluasi terhadap faktor internal dan eksternal serta menghasilkan strategi yang baik yang bisa diimplementasikan di usaha Master Slondok dengan menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Terdapat 3 tahapan pada usulan strategi ini, tahap 1 menggunakan matriks IFE dan matriks EFE, tahap 2 menggunakan matriks IE, matriks SWOT dan matriks SPACE, dan tahap 3 menggunakan matriks QSPM. Hasil penelitian yaitu Usaha Master Slondok berpokus pada strategi alternatif pengembangan produk, dimana dengan strategi ini pemilik usaha harus bisa memodifikasi/berinovasi membuat makanan ringan berbahan dasar singkong menjadi makanan ringan lain selain slondok dan harus bisa menambah varian rasa lain. Fokus ke 2 apabila pengembangan produk telah terpenuhi maka strategi alternatif yang bisa digunakan adalah penetrasi pasar. Kata kunci: Manajemen Srategi, Matrix Internal Factor Evaluation (IFE), Matrix External Factor Evaluation (EFE), Matrix IE, Matrix SWOT, Matrix SPACE, Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 28 Oct 2020 21:52
Last Modified: 28 Oct 2020 21:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49884

Actions (login required)

View Item View Item