ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur)

Siska Febriani, 165060067 (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 abstrak bahasa inggris.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 abstrak basa sunda.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini permasalahan yang paling utama yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebenaran bahwa model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jurnal pokok yang dijadikan sebagai bahan kajian penulis dari 12 jurnal tentang hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model project based learning. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal peneliti terdahulu menunjukkan bahwa hasil belajar model project based learning meningkat akibat munculnya keterampilan peserta didik dalam pembelajatan seperti kerja sama, kebebasan berpendapat, mengambil keputusan dalam pemecahan masalah dan rasa ingin tahu. Namun, dari beberapa jurnal lainnya menunjukkan bahwa model project based learning menimbulkan beberapa kendala yaitu perlu guru yang terampil menjadi fasilitator dan dapat mengelola kelas karena pada saat pembelajaran kemungkinan peserta didik terjadi keributan karena tingginya rasa ingin tahu dalam pembuatan proyek dan adapula peserta didik yang tidak mudah menerima materi yang diberikan. Oleh karena itu setiap guru harus memahami langkahlangkah setiap model pembelajaran. Kesimpulannya konsep model project based learning merupakan model pembelajaran yang sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam mengerjakan proyek dan menghasilkan suatu produk nyata. Karakteristik dari model ini yaitu menekankan pada aspek keterampilan, pengetahuan mengembangkan ide dan mencari informasi. Sehingga medapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru dalam pembelajaran. Tetapi memerlukan fasilitas, peralatan yang memadai. Hasil belajar peserta didik dengan model project based learning mempunyai pengaruh, hal ini diperkuat oleh jurnal-jurnal mengenai model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar, Model project based learning, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 11:59
Last Modified: 28 Oct 2020 11:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49878

Actions (login required)

View Item View Item