PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN CIGALEUH 1

ASEP NURHIDAYAT, 165060072 (2020) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN CIGALEUH 1. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
165060072-Abstrak Indonesia.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165060072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165060072-Abstrak Inggris.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165060072-Abstrak Sunda.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165060072-COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
165060072-BAB 1 dan 2.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Gaya kepemimpinan guru yang teladan dapat mendorong peserta didik untuk meningkatkan motivasi dalam belajar dan menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Gaya kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya komunikasi, lingkungan sekitar, dan pengelolaan kelas yang belum optimal. Motivasi belajar merupakan suatu acuan yang menandakan bahwa kegiatan pembelajaran merupakan suatu tujuan implementasi dari hasil yang diharapkan, sehingga diluar implementasi tersebut terdapat faktor yang mempengaruhi yaitu kegiatan pembelajaran kurang bersemangat, kurangnya perhatian dan faktor teman yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik di SDN Cigaleuh 1 Kecamatan lemahsugih Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini berjumlah 79 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 66 peserta didik. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa adanya pengaruh gaya kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan nilai Fhitung = 8.023 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 memiliki nilai lebih kecil ( < ) dari nilai 0,05, dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,98 yang bermuatan positif sehingga gaya kepemimpinan guru mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 11,1%. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 06:24
Last Modified: 28 Oct 2020 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49856

Actions (login required)

View Item View Item