ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL

MIRNAWATI, 165040079 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 dibutuhkan peserta didik yang mampu berpikir tingkat tinggi salah satunya dengan berpikir kreatif, pada pembelajaran biologi dibutuhkan peserta didik yang berpikir kreatif dalam memecahkan sebuah permasalahan dan salah satu usaha untuk meningkatkan berpikir kreatif dengan menggunakan metode Quantum Learning agar menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dapat menggunakan pembelajaran yang berorientasi kearifan lokal. Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif menggunakan metode Quantum Learning dengan berrientasi kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kepustakaan dengan menganalisis beberapa artikel terkait variabel yang sama. Hasil analisis dari berpikir kreatif dengan ke empat aspek berpikir kreatif yaitu fluency, fleksibelity, originality, dan elaboration didapatkan hasil dengan rata-rata sebesar 50.45 % dengan masuk kedalam kategori Sedang, dan pada analisis berpikir kreatif dengan menggunakan perhitungan N-Gain pada metode Quantum Learning didapatkan hasil sebesar 0,49 dengan kategori sedang, dan penggunaan kearifan lokal pada pembelajaran biologi mampu memberikan dampak yang baik pada suatu pembelajaran. Maka dari itu didapatkan hasil terdapat pengaruh dan hubungan pada berpikir kreatif dengan penggunaan metode Quantum Learning yang berorientasi kearifan lokal. Manfaat dari penelitian kali ini mengetahui hasil kemampuan berpikir kreatifa dengan berorintasi metode Quantum Learning berorientasi kearifan lokal. Kata kunci : Berpikir Kreatif, Quantum Learning, dan Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 02:52
Last Modified: 28 Oct 2020 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49843

Actions (login required)

View Item View Item