NADIYA ULFA PERMANA, 165050028 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER NADIYA ULFA.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN NADIYA ULFA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
3 ABSTRAK NADIYA ULFA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
4 ABSTRACT NADIYA ULFA.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
5 BAB I NADIYA ULFA.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB II NADIYA ULFA.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
7 BAB III NADIYA ULFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
Text
8 BAB IV NADIYA ULFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
Text
9 BAB V NADIYA ULFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA NADIYA ULFA.pdf Download (447kB) | Preview |
Abstract
Kemampuann koneksi matematis merupakan kemampuan siswa untuk mengetahui hubungan berbagai konsep dalam matematika dan mengaplikasikan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah, hal tersebut dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa tidak mampu mengaitkan materi sebelumnya dengan konsep matematika yang akan dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa yaitu Model Pembelajaran REACT. Model Pembelajaran REACT memiliki lima tahapan pada pelaksanaan pembelajarannya, yaitu Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan konsep kemampuan koneksi matematis siswa, (2) Mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran REACT, (3) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yakni Editing, Organizing, dan Analyzing. Analisis data yang digunakan yaitu deduktif, induktif dan historis. Analisis data yang digunakan yaitu deduktif, induktif dan historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran REACT memiliki dampak positif terhadap kemampuan matematis siswa, (2) Penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa karena terdapat keterkaitan antara tahapan pada model pembelajaran REACT dengan kemampuan koneksi matematis siswa, (3) Implementasi model pembelajaran REACT setiap langkahnya memiliki kontribusi dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis, yang menjadikan siswa termotivasi, pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata, mengaitkan informasi dengan pengetahuan yang dimiliki siswa, pemilihan informasi berdasarkan kebutuhan siswa, serta siswa terlibat dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan pada aspek koneksi matematis. Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran REACT
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 02:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 02:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49840 |
Actions (login required)
View Item |