PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI SEL

ILMI RIYANI FAUZIYAH, 165040025 (2020) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5. ABSTRAk INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan latar belakang mengenai membaca, pemahaman konsep, model pembelajaran dan media pembelajaran menggunakan webtoon. Peserta didik harus dapat meningkatkan kemampuan belajarnya sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan pemahaman konsep, dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dan dengan bantuan media pembelajaran webtoon diharapkan peserta didik memiliki kompetensi dalam pemahaman konsep pada materi sel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep mengenai materi sel dengan penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) menggunakan media webtoon pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan postest-pretest, kuesioner, dan observasi. Instrumen di dalam penelitian ini adalah tes kognitif dengan menggunakan pilihan ganda sebanyak 15 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows dan Ms.Excel melalui uji N-Gain dengan hasil sedang, 0,70 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap pemahaman konsep peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) menggunakan media webtoon. Peningkatan pemahaman konsep yang dianalisis dari pretest, observasi dan juga kuesioner mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) menggunakan media webtoon pada materi sel dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: CIRC, Cooperative Integrated Reading and Composition, Pemahaman Konsep, webtoon, Sel

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2020 11:01
Last Modified: 27 Oct 2020 11:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49812

Actions (login required)

View Item View Item