Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Kaidah Pencacahan Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMK

Acep Saeful Malik, NPM : 188060051 (2020) Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Kaidah Pencacahan Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMK. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Tesis Acep_188060051 (1).doc

Download (570kB)

Abstract

Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Kaidah Pencacahan Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMK. Tesis. Bandung : Magister Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung, 2020. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam penggunaan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (3) Menganalisis kemandirian belajar siswa dalam penggunaan e-modul berbantuan sigil software setelah pada materi kaidah pencacahan, (4) Mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, meliputi : (a) tahap perencanaan (planning), (b) tahap desain (design), dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alfa dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Sedangkan uji beta terdiri dari dua tahap pengumpulan data, yaitu uji beta 1 dan uji beta 2. Pada uji beta 1 melibatkan 30 siswa kelas XII. Uji beta 2 melibatkan 27 siswa kelas XI SMKN Peternakan Lembang. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa, dan instrumen tes. Penelitian ini (1) menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) produk yang dihasilkan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terbukti dengan penilaian ahli materi sebesar 4.19, penilaian ahli media sebesar 3.97, dan nilai effect size sebesar 4.37, (3) produk yang dihasilkan dapat membangkitkan kemandirian belajar siswa, (4) tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: berpikir kritis, e-modul, kemandirian belajar, sigil software

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:11
Last Modified: 03 Nov 2020 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49797

Actions (login required)

View Item View Item