IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARNEGARAAN (Studi Deskriptif di SMPN 1 Rancaekek)

Intan Nuraini Efendi, 165010026 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARNEGARAAN (Studi Deskriptif di SMPN 1 Rancaekek). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 13 ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB 2.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
FILE 9 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
FILE 10 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Kurangnya motivasi belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan ini salah satu penyebabnya adalah lemahnya proses pembelajaran di dalam kelas contohnya yaitu banyak guru yang masih menerapkan metode konvensional pada saat proses pembelajaran, dan hal tersebut yang menjadi salah satu latar belakang permasalahan di dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif. Pengumpulan data yang di gunakan yaitu melalui kegiatan wawancara dan studi literatur. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMPN 1 Rancaekek, dan yang menjadi sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A dan VII B. Melalui kegiatan wawancara dengan Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan perwakilan peserta didik, diketahui bahwa adanya proses pembelajaran yang melibatkan seluruh peserta didik sehingga memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar peserta. Sehingga dapat disimpulkan implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:55
Last Modified: 27 Oct 2020 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49796

Actions (login required)

View Item View Item