USULAN KEBIJAKAN PERAWATAN MESIN COOLING UNIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (STUDI KASUS PADA PT. INSAN MUDA BERDIKARI - CISARUA)

URAY AGUS EKO PURNOMO, Mhs (2020) USULAN KEBIJAKAN PERAWATAN MESIN COOLING UNIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (STUDI KASUS PADA PT. INSAN MUDA BERDIKARI - CISARUA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Uray Agus Eko Purnomo_143010196_TI(Teknik Industri).pdf

Download (300kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Insan Muda Berdikari adalah perusahaan skala menengah yang bergerak dibidang pangan khususnya memproduksi yogurt meliputi peternakan, pengemasan dan penjualan yogurt youjell. Dengan jadwal produksi yaitu sebanyak lima hari kerja dua hari lembur yang mengakibatkan beban mesin terus bekerja. Beban mesin yang terus bekerja mengakibatkan keandalan suatu mesin menurun. Oleh sebab itu cara untuk menjaga asset perusahaan adalah dengan melakukan perawatan mesin. Mesin yang sering digunakan dalam proses produksi PT. Insan Muda Berdikari ialah mesin cooling unit, mesin ini berfungsi mendinginkan bahan baku agar tetap segar hingga proses produksi selesai. Artinya mesin ini selalu bekerja walaupun jam kerja telah usai,dan mesin ini aktif selama bahan baku masih tersedia. Oleh sebab itu kegagalan mesin yang minor dan tidak terlihat akan sering terjadi. Dari data yang telah diolah diketahui tingkat frekuensi kerusakan pada mesin cooling unit cukup tinggi. Tercatat dalam dua tahun penelitian (2017-2018), data menunjukkan bahwa komponen mesin cooling unit mengalami penurunan keandalan. Dapat dilihat pada diagram pareto menunjukkan komponen motor listrik mengalami kerusakan 24%, komponen motor pengaduk 22%, dan komponen temperature control 20%. Oleh sebab itu diperlukan pemeliharaan yang efektif dan efisien, studi kebutuhan pemeliharaan berdasarkan keandalan, Reliability Centered Maintenance (RCM) ) merupakan suatu metode perawatan yang memanfaatkan informasi yang berkenaan dengan keandalan suatu fasilitas, untuk memperoleh strategi perawatan yang efektif, efisien dan mudah untuk dilaksanakan. Melalui Studi RCM, dapat diperoleh informasi apa saja yang harus dilakukan untuk menjamin mesin/peralatan dapat terus beroperasi dengan baik Studi dilakukan dengan mengikuti tujuh langkah RCM. Berdasarkan tingkat keandalan komponen disusun strategi preventive maintenance untuk menentukan penjadwalan yang optimal dan perbandingan kebijakan pemeliharaan untuk setiap jenis failure mode. Hasil studi menunjukkan bahwa penjadwalan preventive maintenance untuk semua peralatan berkisar 2 s/d 11 hari dalam sebulan untuk pemeliharaan. Studi RCM juga telah berhasil menetapkan strategi pemeliharaan yang sesuai untuk setiap failure mode yang selanjutnya dijadikan dasar usulan program pemeliharaan yang baru. Kata Kunci : Pemeliharaan, RCM, Prevenitve Maintenenace, Keandalan, Penjadwalan, Strategi Pemeliharaan, Cooling Unit

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:48
Last Modified: 27 Oct 2020 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49794

Actions (login required)

View Item View Item