Dhia Hana Merwitra, 161000274 (2020) PELAKSANAAN PUTUSAN BPSK YANG TIDAK DIJALANKAN OLEH DEVELOPER AKIBAT WANPRESTASI TERHADAP KONSUMEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUME. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
1. Cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
4. Daftar isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Maraknya akan kebutuhan tempat tingga membuat developer selaku pelaku pembangunan membangun apartemen sebagai alternatif kebutuhan konsumen akan tempat tinggal, namun developer tidak sepenuhnya melakukan apa yang seharusnya yang telah disesuaikan di dalam perjanjian jual-bel dengan konsumen salah satu contohnya ialah pembangunan yang tidak kunjung selesai mengakibatkan kerugian bagi konsumen dimana developer telah melanggar hak konsumen dengan melakukan tindakan wanprestasi sesuai dengan perlindungan konsumen, dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan konsumen apabila konsumen merasa dirugikan dapat mengajukan gugatan atau upaya penyelesaian sengketa melalui Non-litigasi yakni BPSK dengan dikeluarkanya suatu putusan, tetapi developer dalam hal ini tidak melaksanakan putusan yang telah ditetapkan oleh BPSK untuk dipatuhi sebagai langkah pemenuhan Hak konsumen dan perlindungan bagi konsumen. tujuan penulisan ini ialah untuk menganalisis dan merumuskan putusan BPSK yang tidak dijalankan oleh Developer akibat wanprestasi terhadap konsumen menurut undang-undang nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode pendekatan Yuridis normatif yaitu menggunakan sumber data berupa peraturan perundangundangan, teori-teori hukum serta pendapat para sarjana hukum untuk diobservasi dengan persoalan yang diteliti, dan metode deskriptif analitis yaitu menggunakan data yang diperoleh dan dianalisis berdasarkan peraturan perundang-undangan terkait dengan perlindungan konsumen sebagai pemecahan masalah. Pengumpulan data hasil penelitian berupa data primer dan sekunder yang diperoleh sebagai penunjang dan dianalisis menggunakan metode yuridis kualitatif. Adapun tiga permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yakni bagaimana akibat putusan BPSK yang tidak dijalankan oleh developer atas tindakan wanprestasi terhadap konsumen bahwa putusan BPSK bersifat final dan mengikat namun putusan BPSK dapat diajukan keberatan melalui Pengadilan Negeri, bagaimana tanggung jawab developer atas tindakan wanprestasi terhadap konsumen bahwa pelaku usaha bertanggung jawab dengan penggantian kerugian berupa pengembalian uang, dan kendala apa saja yang dialami oleh konsumen dalam memperoleh haknya keterbatasan akan pengetahuan mengenai perlindungan konsumen dan kesadaran dari pelaku usaha itu sendiri serta pemberian sanksi yang kurang tegas. Kata kunci : Putusan BPSK, Developer, Perlindungan konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018 |
Depositing User: | Lilis Atikah |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:01 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49775 |
Actions (login required)
View Item |