PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) LAYANAN LABORATORIUM (STUDI KASUS : LABORATORIUM KIMIA ANALITIK-FMIPA PERGURUAN TINGGI XYZ)

MOCHAMAD RESYA PUTRA, Mhs (2020) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) LAYANAN LABORATORIUM (STUDI KASUS : LABORATORIUM KIMIA ANALITIK-FMIPA PERGURUAN TINGGI XYZ). Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img]
Preview
Text
Mochamad Resya Putra_143010272_Teknik Industri.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Di instansi pendidikan dan penelitian seperti di perguruan tinggi, peran laboratorium sangat besar dalam menentukan mutu pendidikan karena dari laboratorium dihasilkan karya-karya ilmiah yang membanggakan dan tidak dapat dihasilkan oleh instansi lainnya sehingga pada beberapa perguruan tinggi ternama, pengelolaan laboratorium menjadi bagian yang dikedepankan. Penanggung jawab laboratorium harus bisa mengambil keputusan, baik keputusan operasional ataupun keputusan stategis. Oleh karena itu, sebuah laboratorium harus memiliki sistem informasi yang baik agar keputusan yang diambil sesuai dengan visi dan misi laboratorium. Dengan mengambil studi kasus di laboratorium kimia analitik-FMIPA perguruan tinggi XYZ, penelitian ini menjelaskan secara terstruktur usulan perancangan sistem informasi di laboratorium untuk membantu proses pengambilan keputusan. Dari hasil perancangan sistem informasi yang diusulkan. Keluaran (Output) dari sistem informasi ini meliputi persediaan alat, persediaan bahan kimia, persediaan sparepart, kebutuhan alat untuk kegiatan praktikum, kebutuhan alat untuk kegiatan penelitian dan praktikum, kebutuhan sparepart untuk kegiatan penelitian dan praktikum, penggunaan laboratorium penelitian kimia analitik dan sebaran pembimbing di laboratorium kimia analitik-FMIPA perguruan tinggi XYZ. Informasi yang di dapat oleh kepala laboratorium dari perancangan sistem informasi yang diusulkan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Keputusan ini meliputi pengajuan penambahan alat, pengajuan pembelian bahan kimia, pengajuan pembelian sparepart, menerima atau menolak peneliti yang akan melakukan penelitian untuk bekerja di laboratorium penelitian kimia analitik, penambahan meja kerja bagi peneliti atau pengajuan perluasan laboratorium penelitian kimia analitik, kebijakan peminjaman alat, pembuatan standard operational procedure pemakaian alat dan pembuatan standard operational procedure perawatan alat. Dimana keputusan yang di ambil dapat berpengaruh terhadap services level laboratorium kimia analitik-FMIPA perguruan tinggi XYZ . Kata kunci : laboratorium, sistem informasi manajemen, sistem informasi laboratorium

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:21
Last Modified: 26 Oct 2020 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49726

Actions (login required)

View Item View Item