KONTRIBUSI SM ENTERTAINMENT DAN CT CORP DALAM UPAYA DIPLOMASI BUDAYA KOREA SELATAN (HALLYU WAVE) DI INDONESIA

Audrey Reggina Herdiaz, 162030068 (2020) KONTRIBUSI SM ENTERTAINMENT DAN CT CORP DALAM UPAYA DIPLOMASI BUDAYA KOREA SELATAN (HALLYU WAVE) DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Hallyu Wave telah sukses menjadi trend budaya Korea Selatan yang paling digrandungi saat ini. Korea Selatan menjadi kiblat budaya populer sejak kemunculannya hingga saat ini dengan berbagai variasi yang kian penarik perhatian masyarakat di dunia yang mulai merebak di berbagai negara secara luas, khususnya di Indonesia. Hallyu sendiri mampu menjadi sebuah alat diplomasi ala Korea Selatan dalam mengenalkan budaya, pariwisata, dan juga politik. Dukungan pemerintah Korea Selatan turut menjadi andil dalam perluasan budaya Hallyu Wave. Di Indonesia sendiri budaya Hallyu Wave diawali setelah Indonesia yang melakukan liberalisasi media pada tahun 1990-an dengan masuknya penayangan serial drama Korea di stasiun TV awal tahun 2000an beberapa judul drama Korea. Kesuksesan Korea Selatan dengan Hallyu Wave yang dimilikinya mampu memperkenalkan citranya secara Global lewat budayanya yang telah dinikmati jutaan penggemar di seluruh dunia. Tidak heran kontribusi SM Entertainmet mencoba memperluas persebaran Hallyu Wave dengan perusahaan industri yang ada Indonesia yakni, CT Corp, hal ini dilakukan pasalnya SM Entertainment terdapat andil dalam berkembang budaya Hallyu Wave di Korea Selatan. Pada penelitian ini penulis membahas tentang Kontribusi SM Entertainment dan CT Corp dalam upaya diplomasi budaya korea selatan (hallyu wave) di Indonesia pada tahun 2018-2019 sesuai saat rentang kedua perusahaan tersebut tengah menjalani aktifitas penyebaran Hallyu Wave di Indonesia. Selain itu dalam penelitian ini penulis memakai paradigma konstruktivisme, sementara untuk metode penelitian, penulis memakai metode kualitatif. Pengaruh tersebarnya budaya Hallyu Wave di Indonesia dan kontribusi SM Entertainment dan CT Corp pada tahun 2018 telah mampu mecinptakan inovasi baru dalam sektor budaya dengan memanfaatkan antusiasme masyarakat terhadap budaya Hallyu Wave. Kata kunci: Hallyu Wave, SM Entertainment, CT Corp, Korea Selatan, Budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:51
Last Modified: 26 Oct 2020 01:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49705

Actions (login required)

View Item View Item