ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Meirza Adinugraha, 165060041 (2020) ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap partisipasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini yaitu kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang bersifat studi pustaka (Library research). Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka dengan mendalami, mencermati, menelaah, mengindentifikasi pengetahuan, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian yang bersumber dari buku-buku, jurnal, catatan, laporan, hasil-hasil penelitian (tesis dan disertasi) dan sumber lain yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Serta dianalisis menggunakan analisis data deduktif dan interpretatif. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada peserta didik Sekolah Dasar dapat mempengaruhi partisipasi belajar peserta didik. Penggunaan model Problem Based Learning pada kegiatan belajar dapat mempengaruhi hasil belajar dan meningkatkan partisipasi belajar pada peserta didik. Seperti didalam beberapa jurnal yang peneliti gunakan dalam analisisnya bahwa jika menggunakan model Problem Based Learning pada suatu pembelajaran dengan benar sesuai dengan langkah-langkahnya maka akan dapat meningkatkan hasil belajar serta partisipasi belajar yang baik dan peserta didik mampu menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan model tersebut yang mengembangkan berpikir kritis. Kata kunci : Problem based Learning, Partisipasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:10
Last Modified: 23 Oct 2020 09:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49676

Actions (login required)

View Item View Item